Mohon Tunggu Proses Memuat Konten Halaman

ADVERTISEMENT

Terbaru

0
Tgl. 17 Mei 2020

Contoh Manfaat dan Kegunaan Tumbuhan Paku Air (Daun) Semanggi atau Marsilea

Hai, bisa jadi Anda sudah tidak asing dengan Jembatan Semanggi bukan? Ya, dikenal dengan nama jembatan semanggi, karena bentuk dari jembatan...

Hai, bisa jadi Anda sudah tidak asing dengan Jembatan Semanggi bukan? Ya, dikenal dengan nama jembatan semanggi, karena bentuk dari jembatan tersebut memang menyerupai daun semangggi dan wilayah pembangunannya dulu juga merupakan daerah rawa yang dipenuhi tumbuhan semanggi.

Nah, berbicara tentang semanggi, tumbuhan ini adalah sekelompok paku air dari marga Marsilea, yang di Indonesia mudah ditemukan di pematang sawah atau tepi saluran irigasi.

Morfologi tumbuhan semanggi sangat khas, karena bentuk entalnya menyerupai payung yang tersusun dari beberapa anak daun yang saling berhadapan. Dan karena bentuk daunnya ini, nama semanggi kemudian dipakai untuk beberapa jenis tumbuhan dikotil yang memiliki susunan daun serupa, dalam hal ini misalnya yaitu klover.

Perlu diketahui bahwa walaupun secara umum semanggi dikenal sebagai tumbuhan liar yang terkadang dianggap sebagai gulma dalam bidang pertanian, akan tetapi semanggi juga biasa dijadikan bahan makanan dan dikenal sebagai pecel semanggi yang merupakan makanan khas dari daerah Surabaya.

Tidak hanya itu, merujuk dari berbagai referensi disebutkan pula bahwa bagian penyimpan spora semanggi juga dimanfaatkan sebagai bahan baku makanan oleh penduduk asli Australia. 

Semanggi juga diketahui mengandung estrogen tumbuhan yang berpotensi mencegah osteoporesis. Tumbuhan ini juga berpotensi sebagai tumbuhan bioremediasi, karena mampu menyerap logam berat.

Katagori:
Silakan klik di sini untuk mengeposkan komentar Anda. Jika Anda ingin membaca artikel lain yang terdapat pada blog ini, maka dapat Anda lakukan dengan cara membuka laman daftar isi. Catatan: Komentar balasan hanya diprioritaskan untuk pertanyaan dan atau pernyataan yang diposkan dengan memakai formulir komentar Blogger.
Admin
How To ▶
Education ▶
SEO ▶
Other Internet ▶
Programming ▶
Tutorial ▶
DP & Story ▶
Tips & Trick ▶

o

  • .Ragam Tumbuhan
  • .Unik & Langka
  • .Aneka Buah
  • .Produk Sederhana
  • .Karya Seni
  • .Tempat Wisata
  • .Ragam Kegiatan
  • .Aneka Bunga
  • .Hewan & Serangga
GALERI
KIRIM MASUKAN
E L T E L U
Semar Bingung's Weblog