Mohon Tunggu Proses Memuat Konten Halaman

ADVERTISEMENT

Terbaru

0
Tgl. 02 Mei 2020

Inilah 7 (Tujuh) Perbedaan Umum antara Serangga Kupu-kupu dan Ngengat

Hai, pernahkah Anda melihat atau bahkan menemukan hewan seperti yang tampak pada tayangan video di bawah ini? Perlu diketahui b...

Hai, pernahkah Anda melihat atau bahkan menemukan hewan seperti yang tampak pada tayangan video di bawah ini?


Perlu diketahui bahwa hewan tersebut adalah serangga yang tergolong dalam ordo Lepidoptera, yang secara spesifik terdiri atas ngengat dan kupu-kupu. Dimana ngengat dan Kupu-kupu merupakan satwa serangga yang mengalami metamorfosis sempurna.

Keduanya memulai siklus dari telur yang kemudian menetas menjadi ulat, untuk selanjutnya ulat akan berubah menjadi kepompong. Pada masa kepompong inilah ulat kemudian mengalami perubahan fisik menjadi seekor ngengat atau kupu-kupu.

Tapi tahukah Anda bahwa walaupun tampak serupa, akan tetapi ada perbedaan antara keduanya loh. Dimana perbedaan antara ngengat dan kupu-kupu antara lain adalah sebagai berikut:


Pertama, bentuk antena di kepala mereka. Kupu-kupu memiliki yang panjang, tipis, dan menggembung pada ujungnya, sedangkan ngengat memiliki antena pendek dan seperti berbulu. 

Kedua, makanan dan cara makan. Kupu-kupu memiliki belalai yang sangat cocok untuk mendapatkan cairan sebagai makanannya, sedangkan ngengat tidak memiliki belalai sama sekali, sehingga ngengat bertahan hidup dengan memanfaatkan cadangan lemak yang tersimpan selama tahap larva.

Ketiga, aktivitas hidup. Kebanyakan kupu-kupu beraktivitas pada siang hari (diurnal), sedangkan ngengat beraktivitas pada malam hari (nokturnal). Oleh karena itulah ngengat terkadang disebut juga kupu-kupu malam.

Keempat, sayap. Saat istirahat kupu-kupu menutupkan kedua sayapnya, sedangkan ngengat tidak melakukan hal tersebut. 

Kelima, warna. Perpaduan corak warna sayap kupu-kupu bervariasi dan mencolok. Sedangkan ngengat sebaliknya, yaitu punya warna yang monoton dan cenderung gelap, walaupun ada pula yang memiliki sayap dengan warna cerah.

Keenam, cara menghangatkan tubuh. Kupu-kupu menggunakan panas matahari untuk menghangatkan badan, sedangkan ngengat menghangatkan badan dengan cara menggerakkan sayapnya.

Ketujuh, indra pendeteksi. Kupu-kupu tidak bisa mendeteksi suara dan menggunakan penglihatan untuk memilih pasangan, sedangkan ngengat memiliki telinga dan menggunakan bau untuk memilih pasangan.

Berdasarkan ketujuh perbedaan tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa hewan yang terdapat pada rekaman video di atas adalah ngengat, sedangkan yang dapat Anda tonton pada tayangan video di bawah ini adalah kupu-kupu.

Katagori:
Silakan klik di sini untuk mengeposkan komentar Anda. Jika Anda ingin membaca artikel lain yang terdapat pada blog ini, maka dapat Anda lakukan dengan cara membuka laman daftar isi. Catatan: Komentar balasan hanya diprioritaskan untuk pertanyaan dan atau pernyataan yang diposkan dengan memakai formulir komentar Blogger.
Admin
How To ▶
Education ▶
SEO ▶
Other Internet ▶
Programming ▶
Tutorial ▶
DP & Story ▶
Tips & Trick ▶

o

  • .Ragam Tumbuhan
  • .Unik & Langka
  • .Aneka Buah
  • .Produk Sederhana
  • .Karya Seni
  • .Tempat Wisata
  • .Ragam Kegiatan
  • .Aneka Bunga
  • .Hewan & Serangga
GALERI
KIRIM MASUKAN
E L T E L U
Semar Bingung's Weblog