Mohon Tunggu Proses Memuat Konten Halaman

ADVERTISEMENT

Terbaru

0
Tgl. 28 Juni 2020

Cara agar Video YouTube yang Tersemat AutoPlay / Berputar Otomatis dalam Postingan Artikel Blog

Hai, bagaimana sih caranya agar video YouTube yang disematkan dalam sebuah postingan artikel blog seperti ini bisa berjalan atau berputar se...

Hai, bagaimana sih caranya agar video YouTube yang disematkan dalam sebuah postingan artikel blog seperti ini bisa berjalan atau berputar secara otomatis (autoplay) tanpa harus mengeklik tombol play terlebih dulu?

Oke, sebelumnya perlu diketahui bahwa apabila kita menyematkan video YouTube ke dalam postingan, maka secara default setelan untuk player video yang tersemat itu adalah baru akan berputar ketika tombol play diklik. Dalam hal ini sebagai contoh misalnya yaitu seperti yang terdapat pada video di bawah ini.


Dapat Anda lihat bahwa video di atas hanya diam dan tidak berputar sama sekali. Hal itu disebabkan karena parameter dalam URL IFrame untuk player video Youtube masih menggunakan setelan default. Dalam hal ini tepatnya yaitu seperti yang dapat Anda lihat pada rangkaian kode di bawah ini.  

<iframe width="560" height="315" src="https://www.youtube.com/embed/yUYJAquoTI0" frameborder="0" allow="accelerometer; autoplay; encrypted-media; gyroscope; picture-in-picture" allowfullscreen></iframe>

Namun demikian akan menjadi berbeda ketika dalam rangkaian kode tersebut ditambahkan parameter tertentu di belakang video ID. Dalam hal ini parameter yang dimaksud adalah ?&autoplay=1, sehingga rangkaian kode di atas kemudian menjadi seperti yang di bawah ini.

<iframe width="560" height="315" src="https://www.youtube.com/embed/yUYJAquoTI0?&autoplay=1" frameborder="0" allow="accelerometer; autoplay; encrypted-media; gyroscope; picture-in-picture" allowfullscreen></iframe>

Setelah ditambahkan parameter ?&autoplay=1 setelah video ID (yUYJAquoTI0), ketika rangkaian kode tersebut disematkan dalam postingan artikel blog sperti ini, maka video yang tersemat itu pun akan menjadi auto play atau berputar secara otomatis seperti yang dapat Anda lihat dan tonton di bawah ini.


Namun demikian perlu diingat bahwa parameter untuk menjadikan video autoplay tersebut tidak akan berfungsi ketika peramban yang digunakan adalah peramban web seluler (mobile). Artinya ketika postingan dibuka dengan menggunakan peramban yang terpasang di HP/smartphone, maka video yang tersemat dalam postingan itu tidak akan  diputar secara otomatis dan tetap diperlukan tindakan dari pengguna untuk memutarnya. Dimana salah satu tujuan dari hal tersebut tidak lain dan tidak bukan adalah untuk menghemat penggunaan data seluler yang dimiliki oleh pengguna. 

Oke, demikian yang dapat saya uraikan tentang cara agar video YouTube yang disematkan dalam postingan artikel blog bisa AutoPlay atau berputar secara otomatis tanpa harus mengeklik tombol play yang terdapat pada player terlebih dulu. Semoga berguna dan bermanfaat bagi Anda, saya Ayahe Mela. Salam! :)
Katagori:
Silakan klik di sini untuk mengeposkan komentar Anda. Jika Anda ingin membaca artikel lain yang terdapat pada blog ini, maka dapat Anda lakukan dengan cara membuka laman daftar isi. Catatan: Komentar balasan hanya diprioritaskan untuk pertanyaan dan atau pernyataan yang diposkan dengan memakai formulir komentar Blogger.
Admin
How To ▶
Education ▶
SEO ▶
Other Internet ▶
Programming ▶
Tutorial ▶
DP & Story ▶
Tips & Trick ▶

o

  • .Ragam Tumbuhan
  • .Unik & Langka
  • .Aneka Buah
  • .Produk Sederhana
  • .Karya Seni
  • .Tempat Wisata
  • .Ragam Kegiatan
  • .Aneka Bunga
  • .Hewan & Serangga
GALERI
KIRIM MASUKAN
E L T E L U
Semar Bingung's Weblog