Mohon Tunggu Proses Memuat Konten Halaman

ADVERTISEMENT

Terbaru

19
Tgl. 31 Maret 2012

Cara Memasang Script Atau Kode HTML Pada Blog

Seperti yang pernah saya uraikan dalam artikel sebelumnya dengan judul “ Kenapa Link Sumber Artikel Selalu Ikut ter-Copy ”, bahwa suatu h...

Ilustrasi HTML
Seperti yang pernah saya uraikan dalam artikel sebelumnya dengan judul “Kenapa Link Sumber Artikel Selalu Ikut ter-Copy”, bahwa suatu hal yang menurut kita mudah bisa jadi akan terasa sangat rumit bagi mereka yang belum mengerti dan memahami tentang hal tersebut. Demikian halnya dengan cara memasang script atau kode HTML pada blog yang menurut kita tidaklah terlalu sulit, namun bagi mereka yang masih awam dengan tata cara pemasangan kode HTML, maka hal ini akan terasa sangat sulit.

Dengan mengacu pada kueri kata kunci atau keyword penelusuran yang digunakan oleh pengguna yang mengarah ke blog ini, akhirnya artikel ini saya tulis dengan harapan semoga dapat membantu mereka yang mendapatkan kasus serupa serta mengalami kesulitan dalam melakukan pemasangan script atau kode HTML dalam blog yang dikelola.

Pemasangan script atau kode HTML pada blog, dalam hal ini adalah untuk Blogspot secara umum terdiri atas tiga (3) kategori, yaitu (1) memasang kode HTML pada template, (2) memasang kode HTML dalam artikel yang diterbitkan, dan (3) memasang kode HTML untuk gadget atau widget. Dimana tata cara pemasangan untuk masing-masing bagian tersebut adalah seperti  uraian di bawah ini.
  1. Memasang kode HTML pada template
    Dalam hal memasang script atau kode HTML pada template blog yang digunakan, sangat disarankan agar mengikuti petunjuk pemasangan untuk script atau kode yang dimaksud. Dan sangat disarankan pula agar dilakukan backup pada template yang digunakan sebelum melakukan pemasangan script atau kode tertentu ke dalamnya. Ini disebabkan karena kekeliruan sedikit saja dapat mengakibatkan error atau kerusakan fatal pada template yang dimaksud.

    Sebagai contoh misalnya adalah ketika Anda ingin memasang tombol like untuk Facebook Fan Page pada blog seluler, maka sangat disarankan agar Anda mengikuti setiap langkah sesuai dengan petunjuk yang ada.  Dan bahkan akan lebih baik lagi bila menggunakan blog Anda yang lain sebagai sarana untuk melakukan uji coba, dengan harapan untuk menghindari risiko kegagalan dalam pemasangan script atau kode yang dimaksud.

  2. Memasang kode HTML dalam artikel yang diterbitkan
    Adakalanya ketika menulis sebuah artikel untuk diterbitkan, kita melakukannya dengan mengacu atau mengambil konten artikel dari blog lain sebagai referensi. Sehingga kita perlu mencantumkan tautan dari artikel yang digunakan sebagai referensi tersebut.

    Namun terkadang pada blog yang dimaksud telah menyediakan kode HTML tertentu untuk untuk dicantumkan sebagai sumber atas konten artikel yang disalin. Sebagai contoh misalnya adalah pada blog ini. Dapat dilihat bahwa pada halaman bagian bawah artikel ini terdapat kode HTML yang dibuat secara otomatis dengan tujuan agar dapat digunakan sebagai tautan sumber bila artikel ini disalin untuk dijadikan sebuah referensi dalam artikel yang diterbitkan pada blog lain.

    Untuk kasus seperti ini, maka kode HTML yang dimaksud pemasangannya adalah di dalam artikel yang akan diterbitkan tersebut. Dimana tata cara pemasangannya dapat dilakukan dengan memanfaatkan editor Blogger, dalam hal ini tepatnya adalah dengan menggunakan mode HTML.

    Dalam mode HTML, kita tinggal menyisipkan kode tersebut pada tempat yang sesuai dengan di bagian mana tautan akan ditampilkan. Sebagai contoh perhatikan penempatan kode di bawah ini.
    <div style="text-align: justify;">
    Perhatikan contoh penempatan kode HTML dalam artikel di bawah ini.
    
    Sumber: <a href="http://eltelu.blogspot.com/2012/03/memasang-tombol-like-untuk-facebook-fan.html" target="_blank" title="Semar Bingung's Weblog: Memasang Tombol Like Untuk Facebook Fan Page Pada Blog Seluler">Semar Bingung's Weblog: Memasang Tombol Like Untuk Facebook Fan Page Pada Blog Seluler </a> 
    
    Contoh di atas digunakan untuk menampilkan tautan sumber pada artikel yang akan diterbitkan.</div>

    Bila artikel pada contoh tersebut diterbitkan, maka di dalamnya akan ditampilkan sebuah tautan seperti yang tampak di bawah ini. 
    Perhatikan contoh penempatan kode HTML dalam artikel di bawah ini.

    Sumber: Semar Bingung's Weblog: Memasang Tombol Like Untuk Facebook Fan Page Pada Blog Seluler

    Contoh di atas digunakan untuk menampilkan tautan sumber pada artikel yang akan diterbitkan.

  3. Memasang kode HTML untuk gadget atau widget
    Ketika ingin menggunakan script tertentu agar di halaman blog tampil gadget atau widget atas penggunaan script tersebut, dapat dilakukan dengan memanfaatkan ‘Tambah Gadget’ yang terdapat pada menu ‘Tata Letak’ Blogger. Dimana menu ‘Tata Letak’ sendiri dapat ditemukan saat kita membuka ‘Dasbor Blogger’.

    Setelah mengeklik menu ‘Tambah Gadget’, maka akan ditampilkan daftar gadget yang dapat ditambahkan pada blog yang dimaksud. Dimana diantara daftar gadget tersebut, yang digunakan adalah ‘HTML/JavaScript’.

    Selanjutnya untuk menggunakannya Anda tinggal mengeklik tombol + (plus) yang terletak di sebelah kanan nama gadget tersebut dan kemudian masukkan script atau kode HTML yang akan dipakai untuk membuat widget baru.

    Sebagai contoh penerapan atas pemasangan kode HTML untuk gadget atau widget dapat Anda lihat pada artikel dengan judul “Cara Memasang Facebook Like Box Pada Blog Versi Web”.

Harapan saya, semoga uraian tentang cara memasang script atau kode HTML pada blog tersebut dapat berguna dan bermanfaat. Salam.


Katagori: ,
Silakan klik di sini untuk mengeposkan komentar Anda. Jika Anda ingin membaca artikel lain yang terdapat pada blog ini, maka dapat Anda lakukan dengan cara membuka laman daftar isi. Catatan: Komentar balasan hanya diprioritaskan untuk pertanyaan dan atau pernyataan yang diposkan dengan memakai formulir komentar Blogger.
Admin
Terdapat 19 komentar pada artikel ini ▶
04/04/12 13.26 O

Makasih banyak sobat atas kunjungannya ke blog saya syamarif.blogspot.com. Makasih banget nih artikelnya.... Saya akan coba terapkan di blog saya

11/09/12 14.25 O

setuju bgt dengan artikel yg sobat paparkan di atas. Ketelitian adalah kunci utama dalam pengeditan HTML terutama bila itu berada di template. Happy blogging.....

12/09/12 05.08 O

@syamsulTerimakasih balik Sobat. :)

12/09/12 05.11 O

@goez iniIya Sob. Karena kalau keliru sedikit saja, maka bisa jadi hasilnya tidak sesuai yag diharapkan, atau malah menjadi error templatenya.

13/10/12 19.25 O

Saya sudah coba dan berhasil, terima kasih

13/10/12 19.58 O

@mas teguhSTerimaksih balik Sobat.

08/11/12 22.10 O

Terimakasih atas bagi tutornya Gan...
Salam sukses

09/11/12 17.00 O

@smartpulsa-88 Sama-sama Sobat.

Your blog posts and articles are very interesting, for me become more know, I hope you keep your blog so I can visit again to see your blog posts and articles more ... thanks for the info

12/11/12 19.50 O

@Private Business Space (PBS) Okay, thank you very much. :)

06/12/12 17.21 O

Trimakasih bloger, buat informasinya, blog saya bisa saya perbaharui berkat informasi2 dr bloger ..
www.novitahotma.blogspot.com

06/12/12 17.22 O

thanks buat infonya, monggo mampir di blog saya www.novitahotma.blogspot.com

06/12/12 22.10 O

@Anak MedanIya Sob, tadi juga sudah mampir. Tapi kalau ingin mengeposkan komentar bagaimana ya, kok form komentarnya tidak tampil? @_@

Setuju.... Saya sama sekali tidak memahami Rumus HTML.... sampai sekarangpun masih bingung dan tidak faham.... Blog'ku sangat acak acakan dan tanpa modifikasi. bagaimana ya caranya.....

10/01/13 03.00 O

@Supatno PatnoTerus semangat belajar dan mencoba Sob. Degan demikian maka kita akan lebih menguasai tentang template Blogger. Namun demikian untuk keperluan tersebut memang butuh waktu dan proses.

04/08/13 05.49 O

mas gmana sih untuk mengetahui letak kode java script blog y masih bingung mencarinya ?

06/08/13 01.01 O

@sehat alamiCoba cari dengan menggunakan fasilitas penelusuran yang terdapat pada editor template, Sob.

Kalau kode yang dimaksud terletak dalam template, biasanya terletak pada bagian yang bertanda <![CDATA[ atau dapat pula terletak pada bagian yang bertanda <script type='text/javascript'>

Semoga dapat membantu.
CMIIW

14/04/16 13.26 O

makasih banyak tutorialnya sangat membantu

14/04/16 18.53 O

@Penaaksi[dot] Com Yoi, sama-sama dan terimakasih balik Sob.

How To ▶
Education ▶
SEO ▶
Other Internet ▶
Programming ▶
Tutorial ▶
DP & Story ▶
Tips & Trick ▶

o

  • .Ragam Tumbuhan
  • .Unik & Langka
  • .Aneka Buah
  • .Produk Sederhana
  • .Karya Seni
  • .Tempat Wisata
  • .Ragam Kegiatan
  • .Aneka Bunga
  • .Hewan & Serangga
GALERI
KIRIM MASUKAN
E L T E L U
Semar Bingung's Weblog