Mohon Tunggu Proses Memuat Konten Halaman

Terbaru

0
Tgl. 31 Desember 2014

Inilah Sebab Yang Menjadi Dasar Dan Alasan Kenapa Bunga Ini Disebut Kembang Sepatu

Bunga sepatu ; Siapa coba yang tidak tahu dan belum pernah melihat bunga yang satu ini? Hampir dapat dipastikan bahwa setiap orang pernah m...

Gambar Bunga Sepatu

Bunga sepatu; Siapa coba yang tidak tahu dan belum pernah melihat bunga yang satu ini? Hampir dapat dipastikan bahwa setiap orang pernah melihatnya, karena kembang sepatu merupakan bunga yang terbilang cukup mudah ditemukan keberadaannya, baik itu di taman, pekarangan, atau lingkungan sekitar rumah, dan lain sebagainya. Namun demikian apabila diantara Anda ada yang sama sekali belum pernah melihatnya, maka sekarang Anda dapat melihat dan mengetahui bunga yang dimaksud melalui gambar kembang sepatu di samping dan atau melalui tayangan video yang disertakan dalam artikel ini.

Kembang sepatu sebenarnya termasuk dalam katagori tumbuhan semak. Akan tetapi karena kembang sepatu memiliki bunga yang indah dan menarik, maka kemudian tidak jarang digunakan sebagai tanaman hias di taman atau pekarangan, dan bahkan tidak jarang pula digunakan sebagai pagar halaman rumah karena kembang sepatu memiliki pertumbuhan yang lebih cepat apabila dibandingkan dengan jenis bunga yang lainnya.

Perlu diketahui bahwa walaupun kembang sepatu memiliki warna bunga yang indah, menarik, dan terkesan sangat mencolok, akan tetapi kembang sepatu tidak memiliki bau harum sama sekali. Beda halnya dengan bunga mawar atau melati, selain memiliki warna yang indah dan menarik bunga mawar dan melati juga memiliki aroma atau bau yang sangat harum.

Membahas tentang kembang sepatu, ada satu hal yang cukup menarik terkait dengan bunga ini. Dimana hal menarik yang dimaksud di sini yaitu nama dari bunga tersebut. Seperti yang kita tahu dan dapat kita lihat pada gambar atau video di atas bahwasanya bunga tersebut sama sekali tidak memiliki bentuk atau wujud seperti layaknya sepatu. Kemudian seperti yang kita tahu pula bahwasanya kembang tersebut juga merupakan bunga dari suatu tanaman dan bukan merupakan bunga hiasan yang terdapat pada sebuah sepatu. Akan tetapi kenapa bunga ini disebut sebagai kembang sepatu?

Bunga dari tanaman seperti yang dapat Anda lihat pada video kedua di atas disebut sebagai bunga mentimun (Jawa: kembang timun) disebabkan karena kembang tersebut memang merupakan bunga dari tanaman mentimun. Begitu pula dengan bunga matahari misalnya, disebut dengan nama demikian karena bunga ini memang memiliki bentuk yang menyerupai dengan model matahari.

Lantas bagaimana dengan kembang sepatu? Perlu diketahui bahwa yang menjadi dasar dan alasan kenapa disebut sebagai kembang sepatu karena dulunya bunga ini di India sering dimanfaatkan untuk menyemir sepatu, sehingga akhirnya di Indonesia kemudian terkenal dengan nama bunga / kembang sepatu.

Berdasarkan uraian di atas maka dapat disimpulkan bahwa penamaan dari kembang sepatu tidak didasarkan pada buah yang dihasilkan dari tanaman tersebut, dan tidak didasarkan pula dari bentuk atau wujud bunganya. Akan tetapi lebih didasarkan dari salah satu fungsi dari bunga tersebut, yaitu digunakan untuk menyemir sepatu. Namun demikian perlu diketahui pula bahwasanya seiring dengan perkembangan dan penelitian yang dilakukan oleh para ahli, pada akhirnya bunga sepatu tidak hanya dapat digunakan sebagai pagar rumah atau tanaman hias di taman dan pekarangan, akan tetapi dapat pula dimanfaatkan sebagai tanaman budidaya untuk digunakan sebagai bahan dasar pembuatan teh bunga sepatu karena dipercaya memiliki khasiat tertentu yang sangat berguna dan bermanfaat bagi kesehatan tubuh manusia. 

Ad

Suka? Bagikan artikel ini kepada teman - jaringan Anda.
Label: .
Silakan klik di sini untuk mengeposkan komentar Anda. Jika Anda ingin membaca artikel lain yang terdapat pada blog ini, maka dapat Anda lakukan dengan cara membuka laman daftar isi. Catatan: Komentar balasan hanya diprioritaskan untuk pertanyaan dan atau pernyataan yang diposkan dengan memakai formulir komentar Blogger.
Admin

o

  • .Ragam Tumbuhan
  • .Unik & Langka
  • .Aneka Buah
  • .Produk Sederhana
  • .Karya Seni
  • .Tempat Wisata
  • .Ragam Kegiatan
  • .Aneka Bunga
  • .Hewan & Serangga
GALERI
KIRIM MASUKAN
E L T E L U
Semar Bingung's Weblog