Mohon Tunggu Proses Memuat Konten Halaman

Terbaru

0
Tgl. 06 Mei 2015

Saga Rambat Atau Sogok Tunteng - Biji Buah Tumbuhan Beracun Berkhasiat Obat

Apabila Anda tinggal di daerah pedesaan, maka bisa jadi pernah menemukan tumbuhan seperti yang dapat Anda lihat dan saksikan pada tayangan...

Apabila Anda tinggal di daerah pedesaan, maka bisa jadi pernah menemukan tumbuhan seperti yang dapat Anda lihat dan saksikan pada tayangan video yang terdapat di akhir artikel ini. Akan tetapi karena sekarang tumbuhan tersebut merupakan tanaman yang cukup langka, maka untuk menemukannya pun menjadi hal yang terbilang agak sulit.

Saga Rambat; Dalam bahasa Jawa tumbuhan ini dikenal dengan nama sogok tunteng (tuntheng) atau terkadang disebut pula dengan nama sogok thung theng. Sementara itu di beberapa daerah lain tanaman ini dikenal dengan nama saga biji, sago betino, saga leutik, saga telik, walipopo, dan pikalo. Dalam bahasa Latin disebut sebagai Abrus precatorius yang merupakan jenis tumbuhan famili dari Fabaceae.

Ciri-ciri umum yang dimiliki oleh sogok tunteng antara lain yaitu:
  1. Tumbuh merambat pada pohon atau tanaman lain yang ada di sekitarnya. Namun apabila di sekitarnya tidak terdapat rambatan maka ia akan tumbuh menjalar di atas tanah;
  2. Memiliki daun yang berbentuk seperti daun lamtoro. Hanya saja jika daun lamtoro  memiliki tangkai yang menjari, maka tidak demikian halnya dengan tangkai daun sogok tunteng;
  3. Bentuk dan warna bunga saga rambat sangat mirip dengan bunga kacang panjang. Akan tetapi dalam satu tangkai saga rambat memiliki jumlah bunga yang lebih banyak apabila dibandingkan dengan kacang panjang;
  4. Buah saga rambat memiliki bentuk yang sama persis dengan kara (koro). Demikian halnya dengan bayaknya buah yang terdapat pada tiap tangkai umumnya juga serupa dengan kara.
  5. Biji buah saga rambat memiliki ukuran lebih kurang sebesar biji buah kedelai. Namun biji buah saga rambat memiliki ciri yang sangat khas pada warnanya yaitu berwarna merah terang mengkilap dengan noda hitam pada bagian ujungnya yang runcing.

Hampir semua bagian dari tanaman saga rambat atau sogok tunteng dapat dijadikan sebagai obat. Mulai dari bagian akar, batang, daun, sampai dengan biji buahnya dapat digunakan untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit, antara lain yaitu: infeksi jamur, radang kulit, sakit tenggorokan, hepatitis, amandel, bronchitis, batuk, sariawan, panas dalam, dan masih banyak lagi penyakit yang dapat disembuhkan dengan menggunakan saga rambat.

Namun demikian perlu diketahui dan diingat bahwa biji saga rambat sangatlah beracun, sehingga sangat tidak dianjurkan untuk pemakaian dalam makanan atau minuman.

Ad

Suka? Bagikan artikel ini kepada teman - jaringan Anda.
Label: .
Silakan klik di sini untuk mengeposkan komentar Anda. Jika Anda ingin membaca artikel lain yang terdapat pada blog ini, maka dapat Anda lakukan dengan cara membuka laman daftar isi. Catatan: Komentar balasan hanya diprioritaskan untuk pertanyaan dan atau pernyataan yang diposkan dengan memakai formulir komentar Blogger.
Admin

o

  • .Ragam Tumbuhan
  • .Unik & Langka
  • .Aneka Buah
  • .Produk Sederhana
  • .Karya Seni
  • .Tempat Wisata
  • .Ragam Kegiatan
  • .Aneka Bunga
  • .Hewan & Serangga
GALERI
KIRIM MASUKAN
E L T E L U
Semar Bingung's Weblog