Mohon Tunggu Proses Memuat Konten Halaman

Terbaru

0
Tgl. 31 Maret 2015

Contoh Karya Seni Rupa Dua Dimensi Berupa Kolase Dari Bahan Gabus Pohon Ketela

Kolase ; Merupakan karya seni rupa dua dimensi yang dibuat dari berbagai macam paduan bahan dengan komposisi yang artistik, seperti kain, k...

Contoh Karya Seni Dua Dimensi Berupa Kolase Yang Terbuat Dari Gabus Kayu Ketela Pohon

Kolase; Merupakan karya seni rupa dua dimensi yang dibuat dari berbagai macam paduan bahan dengan komposisi yang artistik, seperti kain, kertas, kulit telur, serbuk kayu, ampas kelapa, biji-bijian, dan berbagai macam bahan lain yang ditempelkan pada permukaan sebuah gambar (sketsa).

Kolase juga merupakan sebuah seni yang sangat digemari karena umumnya memiliki nilai estetis tinggi yang bisa mewakili perasaan pembuatnya. Kolase memiliki sifat yang sangat unik sehingga dalam pembuatannya pun dibutuhkan imajinasi serta kreativitas tinggi dari orang yang membuatnya agar bisa menghasilkan sebuah kolase yang benar-benar bagus dan mengandung nilai seni yang tinggi pula.

Perlu diketahui bahwa sebelum ini sebenarnya juga pernah saya terbitkan beberapa artikel yang ada hubungannya dengan kolase. Dalam hal ini tepatnya yaitu artikel tentang pemanfaatan sampah atau limbah organik basah sebagai bahan untuk membuat kolase serta contoh cara membuat karya seni kolase dari bahan limbah organik berupa serbuk kayu atau ampas kelapa.

Tidak beda jauh dengan ulasan yang terdapat dalam artikel tersebut, contoh karya seni rupa dua dimensi yang saya sampaikan dalam artikel ini juga merupakan beberapa kolase yang terbuat dari bahan limbah organik. Hanya saja bahan dasar yang digunakan untuk membuatnya sangat berbeda, karena limbah organik yang dipakai untuk membuat kolase ini yaitu gabus batang pohon ketela.

Gabus batang pohon ketela dipotong-potong dalam berbagai model serta bentuk yang berbeda, untuk selanjutnya disusun sedemikian rupa sehingga akhirnya terciptalah karya seni rupa berupa kolase yang indah seperti dapat Anda lihat dan tonton pada video di bawah ini.

Namun demikian walau sebagian besar bahan dasar yang digunakan untuk membuat kolase tersebut adalah gabus batang pohon ketela, akan tetapi dalam pembuatannya juga tidak terlepas dari pemakaian bahan-bahan lain seperti kain dan juga biji-bijian. Sehingga apabila diperhatikan secara cermat maka dapat dilihat bahwa ada beberapa bagian dari kolase tersebut yang menggunakan bahan dasar kain atau biji-bijian. Dalam hal ini sebagai contoh misalnya yaitu background untuk kolase yang berbentuk burung itu sebenarnya  adalah terbuat dari kain. Sementara itu untuk beberapa kolase yang tayang pada bagian akhir video tersebut memang agak berbeda, karena sebagian besar bahan yang digunakan berupa biji-bijian, seperti biji kacang, kedelai, dan kopi.

Ad

Suka? Bagikan artikel ini kepada teman - jaringan Anda.
Label: .
Silakan klik di sini untuk mengeposkan komentar Anda. Jika Anda ingin membaca artikel lain yang terdapat pada blog ini, maka dapat Anda lakukan dengan cara membuka laman daftar isi. Catatan: Komentar balasan hanya diprioritaskan untuk pertanyaan dan atau pernyataan yang diposkan dengan memakai formulir komentar Blogger.
Admin

o

  • .Ragam Tumbuhan
  • .Unik & Langka
  • .Aneka Buah
  • .Produk Sederhana
  • .Karya Seni
  • .Tempat Wisata
  • .Ragam Kegiatan
  • .Aneka Bunga
  • .Hewan & Serangga
GALERI
KIRIM MASUKAN
E L T E L U
Semar Bingung's Weblog