Mohon Tunggu Proses Memuat Konten Halaman

ADVERTISEMENT

Terbaru

0
Tgl. 17 April 2015

Kerajinan Limbah Anorganik Berupa Miniatur Sepeda Motor Dan Scooter Unik

Kreativitas merupakan salah satu faktor pendukung paling utama yang dibutuhkan dalam berkarya, terutama apabila produk yang dibuat merupaka...

Miniatur Sepeda Motor Dari Korek Api Bekas

Kreativitas merupakan salah satu faktor pendukung paling utama yang dibutuhkan dalam berkarya, terutama apabila produk yang dibuat merupakan karya kerajinan dari bahan limbah. Bagaimana tidak? Hal ini disebabkan karena dalam hal pengelolaan dan pengolahan limbah memerlukan pengetahuan yang memadai agar tidak menghasilkan limbah baru yang justru bisa menambah permasalahan.

Pengelolaan serta pengolahan limbah haruslah dilakukan secara efektif dan efisien agar sampah yang dihasilkan dari proses tersebut dapat diminimalisir. Sehingga dalam proses pengelolaan serta pengolahan limbah harus memperhatikan prinsip 4R yaitu reduce, reuse, recycle, dan replace.

Melakukan daur ulang terhadap limbah juga merupakan suatu upaya untuk menjaga dan melestarikan lingkungan hidup. Oleh sebab itu dalam pembuatan produk kerajinan dari bahan limbah diperlukan adanya sikap disiplin dan bertanggung jawab dalam penggunaan alat dan bahan, serta teliti saat melakukan kegiatan pengolahan dengan tetap memperhatikan estetika produk akhir.

Bermacam produk kerajinan dapat dibuat dari limbah sesuai dengan bahan dasar yang digunakan serta kreativitas dalam membuatnya. Dalam hal ini sebagai contoh misalnya yaitu bunga hias yang dibuat dari bekas bungkus buah apel, bunga hias yang terbuat dari bahan plastik bekas, serta berbagai macam produk kerajinan lain dari bahan limbah organik maupun anorganik, termasuk diantaranya yaitu produk kerajinan berupa miniatur sepeda motor dan scooter unik yang dibuat dari bahan korek api bekas seperti yang dapat Anda lihat dan tonton pada video di bawah ini.

Ketahui bahwa semua bagian miniatur sepeda motor dan scooter di atas dibuat dengan menggunakan bahan yang sama, yaitu korek api gas bekas. Artinya tidak ada bahan lain yang digunakan untuk membuat berbagai model miniatur motor tersebut kecuali lem yang digunakan sebagai perekatnya.

Membuat karya kerajinan seperti itu memang tidaklah mudah, karena dalam pengerjaannya diperlukan kecermatan, ketelitian, dan ketelatenan yang cukup tinggi. Akan tetapi hal tersebut sebenarnya sebanding dengan hasil yang diperoleh, karena karya yang dihasilkan pun dapat dikategorikan sebagai sebuah produk kerajinan unik yang memiliki nilai tinggi.

Katagori:
Silakan klik di sini untuk mengeposkan komentar Anda. Jika Anda ingin membaca artikel lain yang terdapat pada blog ini, maka dapat Anda lakukan dengan cara membuka laman daftar isi. Catatan: Komentar balasan hanya diprioritaskan untuk pertanyaan dan atau pernyataan yang diposkan dengan memakai formulir komentar Blogger.
Admin
How To ▶
Education ▶
SEO ▶
Other Internet ▶
Programming ▶
Tutorial ▶
DP & Story ▶
Tips & Trick ▶

o

  • .Ragam Tumbuhan
  • .Unik & Langka
  • .Aneka Buah
  • .Produk Sederhana
  • .Karya Seni
  • .Tempat Wisata
  • .Ragam Kegiatan
  • .Aneka Bunga
  • .Hewan & Serangga
GALERI
KIRIM MASUKAN
E L T E L U
Semar Bingung's Weblog