Mohon Tunggu Proses Memuat Konten Halaman

Terbaru

0
Tgl. 09 April 2015

Memperkecil Ukuran File Video Agar Proses Upload Ke YouTube Lebih Cepat

Salah satu kendala yang menjadi masalah umum bagi pengguna YouTube yang memakai sambungan internet dengan kecepatan pas-pasan seperti sa...

Ilustrasi Video Yang Akan Diunggah Ke YouTube
Salah satu kendala yang menjadi masalah umum bagi pengguna YouTube yang memakai sambungan internet dengan kecepatan pas-pasan seperti saya ketika ingin mengupload video adalah ukuran file yang dirasa cukup besar, walaupun sebenarnya video  tersebut durasinya hanya beberapa menit saja. Sehingga saat membuat video pun mesti memikirkan beberapa faktor, termasuk diantaranya yaitu apakah video yang dibuat itu nanti ukurannya terlalu besar atau tidak.

Bagaimana tidak? Hal ini disebabkan karena apabila video yang dibuat memiliki durasi yang semakin panjang, maka secara otomatis semakin besar pula ukuran filenya. Sementara itu apabila ukuran file dari video tersebut semakin besar, maka secara otomatis pula waktu proses yang dibutuhkan untuk melakukan upload juga akan semakin lama. Oleh sebab itulah bagi saya durasi dan ukuran video yang akan diupload ke YouTube sampai saat ini masih menjadi salah satu faktor yang cukup penting untuk diperhitungkan, mengingat sambungan internet yang saya pakai kecepatannya kurang begitu mendukung apabila digunakan untuk mengunggah video yang memiliki ukuran file cukup besar.

Namun demikian perlu diketahui bahwa lamanya waktu yang dibutuhkan saat melakukan upload video dengan ukuran file cukup besar sebenarnya dapatlah disiasati. Dalam hal ini salah satu cara yang dapat dilakukan untuk menyiasati hal tersebut misalnya yaitu seperti yang dapat Anda lihat dan pelajari dalam uraian artikel sebelumnya yang mengulas tentang tips cara mempercepat proses upload video ke YouTube.

Disamping itu juga terdapat satu cara lagi yang terbilang sangat membantu dalam mempercepat proses upload, yaitu dengan cara mengecilkan atau meng-compress ukuran file video yang akan diunggah. Dengan begitu maka ukuran file akan menjadi lebih kecil dan bahkan bisa jadi jauh lebih kecil apabila dibandingkan dengan ukuran file yang sebelumnnya.

Setelah video di-compress dan ukuran file menjadi lebih kecil, maka bagaimana kualitas gambar yang dihasilkan pada video tersebut? Apakah masih setara dengan kualitas gambar yang terdapat pada video sebelumnya ataukah kualitas gambar juga akan berkurang? Anda tidak perlu khawatir dengan kualitas video yang dihasilkan karena saat ini ada beragam software yang dapat digunakan untuk meng-compress video dengan kualitas hasil yang setara dengan video aslinya. Dalam hal ini sebagai contoh misalnya yaitu video di bawah ini.
Ketahui bahwa video tersebut awalnya memiliki ukuran sebesar 60,2 MB. Akan tetapi setelah di-compress ukurannya pun menjadi lebih kecil, yaitu 20,1 MB. Ketahui pula bahwa kualitas video tersebut juga setara dengan kualitas video aslinya, terutama saat diputar dengan menggunakan setelan 720 [HD].

PERINGATAN! Perhatikan bahwa tayangan pada video di atas merupakan sebuah dokumentasi tentang proses perkawinan pada hewan / serangga yang hanya ditujukan dan dimaksudkan untuk kepentingan pendidikan semata. Sehingga apabila Anda merasa kurang nyaman atau tidak berkenan dengan tayangan pada video di atas, maka sangat disarankan agar Anda tidak memutar serta tidak menonton video tersebut.
Ad

Suka? Bagikan artikel ini kepada teman - jaringan Anda.
Label: , .
Silakan klik di sini untuk mengeposkan komentar Anda. Jika Anda ingin membaca artikel lain yang terdapat pada blog ini, maka dapat Anda lakukan dengan cara membuka laman daftar isi. Catatan: Komentar balasan hanya diprioritaskan untuk pertanyaan dan atau pernyataan yang diposkan dengan memakai formulir komentar Blogger.
Admin

o

  • .Ragam Tumbuhan
  • .Unik & Langka
  • .Aneka Buah
  • .Produk Sederhana
  • .Karya Seni
  • .Tempat Wisata
  • .Ragam Kegiatan
  • .Aneka Bunga
  • .Hewan & Serangga
GALERI
KIRIM MASUKAN
E L T E L U
Semar Bingung's Weblog