Mohon Tunggu Proses Memuat Konten Halaman

Terbaru

0
Tgl. 11 Mei 2015

Cara Menyimpan Tampilan Layar Atau Aplikasi Komputer Menjadi Gambar

Apakah Anda pernah memotret tampilan layar monitor komputer dengan tujuan hanya untuk mendapatkan gambar dari program atau aplikasi yang...

Potret Tampilan Aplikasi  Yang Terdapat Pada Layar Komputer
Apakah Anda pernah memotret tampilan layar monitor komputer dengan tujuan hanya untuk mendapatkan gambar dari program atau aplikasi yang saat itu sedang berjalan? Jika ya, berarti kita sama. Sebab saya pun membuat gambar di atas dengan cara memotretnya terlebih dulu dengan memakai kamera yang terdapat pada tablet Android yang saya miliki.

Membuat tangkapan layar atau screenshot tentu saja bukan merupakan suatu hal yang sulit bagi mereka yang telah mengetahui caranya serta terbiasa melakukannya. Akan tetapi ini bisa menjadi suatu hal yang sangat rumit bagi mereka yang belum mengetahui caranya sama sekali atau bagi mereka yang belum terbiasa melakukannya.

Kenapa demikian? Faktanya sampai saat ini saya sendiri juga masih sering mengalami kesulitan ketika ingin mengambil tangkapan layar pada tablet Android Advan Vandroid T1J yang saya miliki, karena selama ini memang tidak terbiasa melakukannya. Disamping itu sampai saat ini saya juga masih sering melihat adanya seseorang (terutama di Facebook) yang menanyakan sesuatu terkait dengan tampilan yang ada di layar dengan cara memotretnya terlebih dulu agar bisa menunjukkan secara langsung mengenai hal yang ditanyakan dalam bentuk gambar.

Terkesan sangat sepele memang. Akan tetapi perlu diingat sekali lagi bahwa membuat screenshot atau tangkapan layar bukan merupakan hal yang sepele bagi mereka yang belum terbiasa dan bahkan bagi mereka yang belum mengetahui cara melakukannya.

Perlu diketahui bahwa sebenarnya ada banyak cara yang dapat digunakan ketika Anda ingin membuat screenshot atau tangkapan layar pada komputer. Salah satunya yaitu jika Anda menggunakan komputer yang memakai sistem operasi Windows, tangkapan layar dapat dibuat secara mudah dengan menggunakan aplikasi Snipping Tool yang merupakan aplikasi gratis bawaan Windows.

Snipping Tool merupakan aplikasi pembuat screenshot yang terbilang bagus, karena dengan menggunakan aplikasi ini Anda bisa memilih bagian yang akan diambil dan kemudian menyimpannya dalam bentuk gambar. Format yang bisa digunakan untuk menyimpan gambar pun beragam, antara lain yaitu PNG, GIF, JPG, dan MHT.
Tangkapan Layar Atau Screenshot Yang Diambil Dengan Menggunakan Tombol Print Screen
Membuat screenshot pada komputer dapat pula dilakukan dengan menggunakan tombol keyboard, dalam hal ini yaitu dengan memakai tombol Print Screen / PrtSc. Apabila Anda menekan tombol tersebut maka seluruh bagian yang ditampilkan pada layar komputer akan terpotret dan kemudian hasilnya tersimpan di dalam clipboard. Sehingga karena hasil tangkapan layar masih tersimpan di dalam clipboard, maka agar bisa menyimpannya dalam bentuk gambar bukalah aplikasi Paint dan kemudian gunakan Paste untuk memunculkannya. Sebagai contoh dari tangkapan layar atau screenshot yang dibuat dengan menggunakan cara tersebut misalnya yaitu seperti yang dapat Anda lihat pada gambar tersebut.

Lalu bagaimana jika hanya ingin membuat screenshot untuk program atau aplikasi yang sedang aktif saja? Apabila Anda ingin membuat screenshot untuk program atau aplikasi yang sedang aktif saja, maka dapat dilakukan dengan mengkombinasikan penggunaan tombol tersebut dengan tombol Alt yang umumnya terletak di samping tombol spasi. Artinya jika aplikasi yang sedang dijalankan misalnya adalah Chrome, Notepad, dan Paint seperti yang tampak pada gambar di atas dan kemudian ditekan tombol keyboard Alt + Print Screen, maka screenshot yang dihasilkan pun hanya untuk aplikasi Paint karena aplikasi inilah yang saat itu sedang aktif.
Ad

Suka? Bagikan artikel ini kepada teman - jaringan Anda.
Label: .
Silakan klik di sini untuk mengeposkan komentar Anda. Jika Anda ingin membaca artikel lain yang terdapat pada blog ini, maka dapat Anda lakukan dengan cara membuka laman daftar isi. Catatan: Komentar balasan hanya diprioritaskan untuk pertanyaan dan atau pernyataan yang diposkan dengan memakai formulir komentar Blogger.
Admin

o

  • .Ragam Tumbuhan
  • .Unik & Langka
  • .Aneka Buah
  • .Produk Sederhana
  • .Karya Seni
  • .Tempat Wisata
  • .Ragam Kegiatan
  • .Aneka Bunga
  • .Hewan & Serangga
GALERI
KIRIM MASUKAN
E L T E L U
Semar Bingung's Weblog