Mohon Tunggu Proses Memuat Konten Halaman

Terbaru

0
Tgl. 16 September 2015

Tips Khusus Bagi Wanita Ibu Rumah Tangga Dan Remaja Putri

Memasak bisa jadi merupakan salah satu kegiatan rutin sehari-hari bagi mayoritas ibu rumah tangga atau remaja putri. Namun demikian memasa...

Memasak bisa jadi merupakan salah satu kegiatan rutin sehari-hari bagi mayoritas ibu rumah tangga atau remaja putri. Namun demikian memasak tidaklah harus dilakukan oleh seorang ibu rumah tangga ataupun remaja putri karena memasak sebenarnya merupakan keahlian penting yang harus dimiliki oleh setiap orang.

Kegiatan memasak sebenarnya juga bukan merupakan hal yang sulit. Jika sampai saat ini Anda belum bisa melakukannya, maka yang terpenting bagi Anda adalah mau mencoba dan memulainya karena dengan begitu pada akhirnya nanti Anda pun akan bisa dan menjadi terbiasa.

Selain itu bila Anda memiliki keahlian dalam hal memasak, maka ada banyak keuntungan yang bisa didapat. Dalam hal ini keuntungan yang dimaksud antara lain yaitu Anda tidak perlu menggantungkan diri pada orang lain untuk memasak, rasa masakan sesuai dengan selera, kandungan yang terdapat dalam masakan lebih terjamin, dan yang pasti pengeluaran pun akan terpangkas karena dengan cara memasak sendiri biayanya tentu akan lebih murah bila dibandingkan dengan biaya yang dibutuhkan untuk makan di luar.

Sedikit terlepas dari hal tersebut, apabila kita berbicara tentang masakan maka ada begitu banyak makanan yang dalam pembuatannya menggunakan santan sebagai salah satu bahan utama. Dalam hal ini sebagai contoh misalnya adalah rendang, bubur, sayur lodeh, kolak, dan lain sebagainya.

Nah, ketika Anda membuat masakan yang memakai santan sebagai salah satu bahan utamanya, maka Anda pun tentu saja tidak terlepas dari penggunaan bahan untuk membuat santan, yaitu buah kelapa.

Sebelum kelapa menjadi santan dan siap untuk digunakan, daging buah kelapa haruslah dipisahkan terlebih dulu dari tempurungnya baru kemudian diparut dan diperas sehingga menghasilkan santan. Akan tetapi yang menjadi masalah adalah bahwa mencongkel daging buah kelapa dan memisahkan dari tempurungnya terkadang tidaklah mudah. Adakalanya daging buah kelapa cukup sulit untuk dicongkel karena melekat sangat erat pada tempurungnya, dan kalaupun bisa dicongkel biasanya hanya akan menghasilkan congkelan daging buah kelapa dengan ukuran kecil sehingga sulit pula ketika diparut.

Lalu bagaimana caranya agar daging buah kelapa mudah dicongkel dan dipisahkan dari tempurungnya? Untuk mengetahui jawaban dari pertanyaan tersebut maka ada baiknya bila Anda tonton terlebih dulu video berikut ini.
Dapat Anda lihat pada tayangan video tersebut bahwa mencongkel daging buah kelapa akan menjadi lebih mudah bila dilakukan dengan cara memanggang terlebih dulu kelapa yang akan dicongkel di dekat bara api, baru kemudian setelah agak dingin pisahkan daging buah kelapa tersebut dari tempurungnya dengan menggunakan pisau, obeng, atau peralatan lain yang sesuai.

Namun demikian perlu diingat bahwa cara tersebut tentu saja tidak perlu dilakukan jika Anda menggunakan santan instan dalam kemasan, karena jika memakai santan dalam kemasan maka Anda tinggal membuka kemasan santan tersebut dan kemudian menuangkannya. Artinya Anda tidak perlu repot memisahkan daging buah kelapa dari tempurung dan memarutnya untuk kemudian diperas agar menghasilkan santan sesuai dengan yang diinginkan.
Ad

Suka? Bagikan artikel ini kepada teman - jaringan Anda.
Label: , .
Silakan klik di sini untuk mengeposkan komentar Anda. Jika Anda ingin membaca artikel lain yang terdapat pada blog ini, maka dapat Anda lakukan dengan cara membuka laman daftar isi. Catatan: Komentar balasan hanya diprioritaskan untuk pertanyaan dan atau pernyataan yang diposkan dengan memakai formulir komentar Blogger.
Admin

o

  • .Ragam Tumbuhan
  • .Unik & Langka
  • .Aneka Buah
  • .Produk Sederhana
  • .Karya Seni
  • .Tempat Wisata
  • .Ragam Kegiatan
  • .Aneka Bunga
  • .Hewan & Serangga
GALERI
KIRIM MASUKAN
E L T E L U
Semar Bingung's Weblog