Mohon Tunggu Proses Memuat Konten Halaman

Terbaru

0
Tgl. 29 Maret 2016

Belajar dari Hikmah Hidup dan Kehidupan Pohon Pisang

Pisang; Siapa coba yang belum tahu tanaman penghasil buah yang satu ini? Dalam bahasa Jawa, tumbuhan ini umumnya disebut dengan nama “ g...

Pohon Pisang
Pisang; Siapa coba yang belum tahu tanaman penghasil buah yang satu ini? Dalam bahasa Jawa, tumbuhan ini umumnya disebut dengan nama “gedhang” yang memiliki arti “digeGET bar maDHANG”. Dimana dalam bahasa Indonesia “digeget bar madhang” itu sendiri sama artinya dengan “digigit setelah makan”.

Menurut Wikipedia disebutkan bahwa pisang merupakan nama untuk tumbuhan terna raksasa berdaun besar dan memanjang dari suku Musaceae yang beberapa jenis diantaranya menghasilkan buah konsumsi dengan nama yang sama, yaitu pisang. Disebutkan pula bahwa hampir semua jenis pisang memiliki kulit yang berwarna kuning ketika sudah matang, walaupun ada pula beberapa jenis pisang yang berwarna jingga, merah, hijau, ungu, atau bahkan hampir hitam .

Sebagai bahan pangan yang merupakan salah satu sumber energi dan mineral, pisang secara umum merupakan tumbuhan yang tidak dibudidayakan secara intensif. Biasanya pisang hanya ditanaman dan dibiarkan tumbuh begitu saja di tepi kebun, pekarangan,  atau lahan yang sekiranya kosong dan tidak mengganggu tanaman lain.


Buah pisang dapat diolah menjadi berbagai produk makanan seperti kue, kolak, ataupun sale. Buah pisang juga bisa dikonsumsi dengan cara direbus, digoreng, atau dibakar terlebih dulu dan bahkan dapat pula dimakan dalam keadaan segar. Disamping itu pisang juga sangat bermanfaat bagi kesehatan karena memiliki kandungan gizi tinggi, sehingga baik untuk dikonsumsi. Bahkan ada pula yang menyebutkan bahwa kulit pisang pun memiliki khasiat tertentu yang dapat dimanfaatkan untuk kecantikan.

Tidak hanya itu, beberapa bagian lain dari pisang ternyata juga kerap kali digunakan dan dimanfaatkan dalam kehidupan sehari-hari. Ambil contoh misalnya yaitu daunnya yang dapat digunakan sebagai bungkus dalam pembuatan pepes, lontong, atau pembungkus kedelai dalam proses pembuatan tempe. Batang pohon pisang pun juga dapat dimanfaatkan misalnya yaitu digunakan sebagai tali atau untuk pembuatan kerajinan dari bahan alam.

Sedikit terlepas dari hal tersebut, pernahkah Anda mencermati perjalanan hidup dan kehidupan pohon pisang? Sebab apabila dicermati secara seksama, ternyata ada suatu keunikan yang dimiliki oleh pohon pisang. Keunikan apa itu? Salah satu hal yang terbilang sangat unik adalah bahwa pohon pisang tidak akan pernah berhenti tumbuh dan berkembang sebelum ia berbuah.
Coba perhatikan rekaman pohon pisang yang tampak pada tayangan video di atas! Walau sekilas tidak ada yang aneh pada beberapa pohon pisang itu, akan tetapi ketahui bahwa salah satu pohon pisang yang telah berbuah tersebut tingginya hanya sekitar 1 (satu) meter saja. Nah, inilah letak keunikannya. Sebab pohon pisang umumnya baru akan berbuah setelah tingginya mencapai 3 (tiga) sampai dengan 5 (lima) meter.

Lalu bagaimana bisa pohon pisang setinggi itu sudah bisa berbuah? Hal ini disebabkan karena sebelumnya pohon pisang tersebut pernah ditebang dan kemudian tumbuh lagi, sehingga akhirnya ia pun sudah menghasilkan buah walaupun belum setinggi pohon pisang pada umumnya.

Selanjutnya apa hikmah yang dapat diambil dari pohon pisang seperti ini? Salah satu hikmah yang dapat diambil dari pohon pisang adalah bahwa sudah semestinya bagi kita agar tetap semangat, tidak mudah menyerah, serta jangan sampai berputus asa dalam berbagai hal kebaikan. Apabila pohon pisang saja tidak berhenti tumbuh sebelum berbuah, maka janganlah kita berhenti, menyerah, atau berputus asa dalam mengerjakan suatu hal kebaikan yang berguna dan bermanfaat bagi diri sendiri pada khususnya maupun bagi orang lain pada umumnya.
Ad

Suka? Bagikan artikel ini kepada teman - jaringan Anda.
Label: .
Silakan klik di sini untuk mengeposkan komentar Anda. Jika Anda ingin membaca artikel lain yang terdapat pada blog ini, maka dapat Anda lakukan dengan cara membuka laman daftar isi. Catatan: Komentar balasan hanya diprioritaskan untuk pertanyaan dan atau pernyataan yang diposkan dengan memakai formulir komentar Blogger.
Admin

o

  • .Ragam Tumbuhan
  • .Unik & Langka
  • .Aneka Buah
  • .Produk Sederhana
  • .Karya Seni
  • .Tempat Wisata
  • .Ragam Kegiatan
  • .Aneka Bunga
  • .Hewan & Serangga
GALERI
KIRIM MASUKAN
E L T E L U
Semar Bingung's Weblog