Mohon Tunggu Proses Memuat Konten Halaman

Terbaru

0
Tgl. 18 April 2016

Menjalankan Sistem Operasi Android Lollipop 5.1 di Komputer Windows

Android merupakan sebuah komponen pengolah piranti lunak dasar yang tersistem sebagai pengelola sumber daya perangkat keras komputer serta ...

Sistem Operasi Android yang Dijalankan pada Komputer Windows 10

Android merupakan sebuah komponen pengolah piranti lunak dasar yang tersistem sebagai pengelola sumber daya perangkat keras komputer serta menyediakan layanan umum untuk aplikasi perangkat lunak yang berbasis Linux dan dirancang untuk perangkat mobile layar sentuh seperti smartphone dan tablet. Namun begitu karena Android adalah sistem operasi terbuka yang bisa dikustomisasi, maka sistem operasi ini juga bisa digunakan pada perangkat elektronik lainnya, seperti kamera, laptop, maupun netbook. Oleh sebab itu jangan heran bila Android juga bisa dijalankan pada komputer yang telah memiliki sistem operasi Windows.

Sebagai contoh misalnya yaitu seperti yang dapat Anda lihat pada gambar tersebut merupakan salah satu versi sistem operasi Android yang dijalankan pada Windows. Dalam hal ini versi Android yang dioperasikan adalah Lollipop 5.1 dan Windows yang digunakan adalah Windows 10 versi 1511.

Bagaimana cara menjalankan Android di komputer seperti yang tampak pada gambar tersebut? Menjalankan sistem operasi Android pada komputer Windows dapat dilakukan dengan memanfaatkan mesin virtual, sehingga akhirnya sistem operasi Android pun bisa dijalankan seperti layaknya aplikasi lain yang terpasang. Sebagai contoh dari mesin virtual yang bisa digunakan untuk mengoperasikan Android pada komputer Windows misalnya yaitu Oracle VirtualBox yang dapat Anda unduh di sini dan berkas instalasi Android OS yang dirancang untuk digunakan pada komputer dapat Anda download di sini.

Setelah keduanya terunduh, pasang terlebih dulu VirtualBox dan kemudian buatlah sebuah mesin virtual untuk memasang Android OS pada mesin tersebut. Proses pemasangan dapat dilakukan dengan menggunakan berkas instalasi yang telah diunduh sehingga apabila keduanya telah terpasang dengan benar maka bila dijalankan lebih kurang akan menjadi seperti yang tampak pada gambar tersebut. Namun begitu perlu diketahui pula bahwa karena beberapa versi berkas instalasi Android dapat dioperasikan secara langsung (Live CD), maka Anda dapat pula menjalankan Android OS pada komputer secara langsung tanpa harus melakukan pemasangan atau instalasi terlebih dulu.

Ada pertanyaan? Silakan berkomentar.

Ad

Suka? Bagikan artikel ini kepada teman - jaringan Anda.
Label: .
Silakan klik di sini untuk mengeposkan komentar Anda. Jika Anda ingin membaca artikel lain yang terdapat pada blog ini, maka dapat Anda lakukan dengan cara membuka laman daftar isi. Catatan: Komentar balasan hanya diprioritaskan untuk pertanyaan dan atau pernyataan yang diposkan dengan memakai formulir komentar Blogger.
Admin

o

  • .Ragam Tumbuhan
  • .Unik & Langka
  • .Aneka Buah
  • .Produk Sederhana
  • .Karya Seni
  • .Tempat Wisata
  • .Ragam Kegiatan
  • .Aneka Bunga
  • .Hewan & Serangga
GALERI
KIRIM MASUKAN
E L T E L U
Semar Bingung's Weblog