Mohon Tunggu Proses Memuat Konten Halaman

Terbaru

8
Tgl. 18 April 2016

Cara Memasang Iklan AdSense di Tengah Postingan tanpa Merusak Posisi Gambar

Setelah melakukan penelusuran hingga ke berbagai situs luar negeri, dapat disimpulkan bahwa untuk memasang atau menampilkan iklan di dalam ...

Contoh Iklan AdSense yang Terpasang di Tengah Artikel Blog

Setelah melakukan penelusuran hingga ke berbagai situs luar negeri, dapat disimpulkan bahwa untuk memasang atau menampilkan iklan di dalam badan artikel yang diterbitkan ke Blogger atau Blogspot secara umum terdapat 3 (tiga) cara. Dalam hal ini ketiga cara yang dimaksud adalah sebagai berikut:

Satu; Cara yang pertama adalah dengan menyisipkan script iklan secara langsung ke dalam artikel yang akan diterbitkan. Penerapan cara ini tentu saja dilakukan saat sedang menyusun artikel dan penyisipan script iklan pun dikerjakan dalam mode HTML. Akan tetapi cara ini terbilang tidak efektif karena penyisipan script iklan harus dilakukan secara manual satu per satu dalam tiap artikel yang akan maupun yang telah diterbitkan.

Dua; Serupa dengan cara yang pertama, cara yang kedua ini juga terbilang masih kurang efektif untuk dilakukan. Script iklan memang tidak disisipkan secara manual dalam badan artikel namun pada bagian tertentu dari setiap artikel yang ingin digunakan sebagai tempat untuk menayangkan iklan AdSense harus selalu ditambahkan sebuah penanda khusus, misalnya yaitu <!—iklan –>. Kenapa demikian? Karena dalam penerapannya script iklan dimasukkan dalam template, sedangkan penanda tersebut difungsikan untuk memposisikan penayangan iklan. Sehingga dengan menggunakan cara ini iklan dapat diletakkan di bagian manapun sesuai dengan yang diinginkan. Dalam hal ini sebagai contoh misalnya di tengah artikel, di bawah paragraf pertama, kedua, ketiga, keempat, dan lain sebagainya.

Jika ingin menerapkan cara tersebut, maka parse terlebih dulu script atau kode iklan yang akan digunakan. Selanjutnya edit template dan kemudian carilah bagian yang menyatakan <data:post.body/>. Apabila sudah ketemu, maka gantilah bagian tersebut dengan rangkaian kode di bawah ini dan kemudian simpan template.

<b:if cond='data:blog.pageType == "item"'>
<b:if cond='data:blog.pageType != &quot;static_page&quot;'>
<div expr:id='"adsmiddle1" + data:post.id'></div>
<!-- Hapus bagian ini dan kemudian ganti dengan script iklan yang telah diparse. -->
</b:if>
</b:if>

<div expr:id='"adsmiddle2" + data:post.id'>
<data:post.body/>
</div>

<script type="text/javascript">
var obj0=document.getElementById("adsmiddle1<data:post.id/>");
var obj1=document.getElementById("adsmiddle2<data:post.id/>");
var s=obj1.innerHTML;
var r=s.search(/\x3C!-- iklan --\x3E/igm);
if(r>0) {obj0.innerHTML=s.substr(0,r);obj1.innerHTML=s.substr(r+14);}
</script>

Tiga; Hampir sama dengan cara yang kedua, cara yang ketiga ini dilakukan dengan menambahkan dan memasukkan script serta kode iklan ke dalam template. Hanya saja jika pada teknik kedua penempatan iklan dalam artikel masih dilakukan secara manual, maka dengan menggunakan teknik yang ketiga ini penempatan iklan dalam artikel berlangsung secara otomatis. Sehingga cara yang ketiga ini bisa dibilang lebih efektif dan efisien bila dibandingkan dengan dua cara sebelumnya.

Serupa dengan cara yang kedua, dalam penerapan teknik ini parse terlebih dulu kode iklan yang akan digunakan untuk selanjutnya edit template, cari bagian <data:post.body/>, ganti bagian tersebut dengan rangkaian kode di bawah ini, dan kemudian simpan template.

<b:if cond='data:blog.pageType == "item"'>
<b:if cond='data:blog.pageType != &quot;static_page&quot;'>
<div expr:id='&quot;post1&quot; + data:post.id'/>
<!-- Hapus bagian ini dan kemudian ganti dengan script iklan yang telah diparse. -->
</div>
</b:if>
</b:if>

<div expr:id='&quot;post2&quot; + data:post.id'>
<data:post.body/>
</div>
<script type='text/javascript'>
var obj0=document.getElementById(&quot;post1<data:post.id/>&quot;);
var obj1=document.getElementById(&quot;post2<data:post.id/>&quot;);
var s=obj1.innerHTML;
var t=s.substr(0,s.length/2);
var r=t.lastIndexOf(&quot;&lt;br&gt;&quot;);
var u=obj1.innerHTML;
var v=u.substr(0,u.length/2);
var w=v.lastIndexOf(&quot;p&lt;&gt;&quot;);
if(r&gt;0) {obj0.innerHTML=s.substr(0,r);obj1.innerHTML=s.substr(r+4);}
if(w&gt;0) {obj0.innerHTML=u.substr(0,w);obj1.innerHTML=u.substr(w+4);}
</script>

Setelah menerapkan teknik di atas, dapat diasumsikan bahwa Anda sudah berhasil memasang iklan dan menempatkannya di tengah postingan atau di bagian manapun dalam artikel sesuai dengan yang Anda inginkan. Namun demikian permasalahan umum yang kemudian terjadi biasanya adalah gambar dalam postingan posisinya akan menjadi rusak atau tidak teratur lagi. Terkadang gambar akan tergeser jauh ke bawah sehingga tayangan artikel pun akhirnya menjadi tampak kurang rapi.

Lalu bagaimana cara mengatasi posisi gambar yang rusak akibat pemasangan iklan AdSense di tengah artikel seperti itu? Caranya sangatlah sederhana, yaitu dengan mengubah gambar menjadi responsif sehingga ukurannya dapat menyesuaikan secara otomatis dan tidak lagi tergeser oleh iklan yang ditayangkan dalam artikel.

Tapi bagaimana cara mengubah ukuran gambar dalam postingan menjadi responsif? Terkait dengan hal ini, detail selengkapnya dapat Anda lihat dan pelajari dalam artikel yang membahas tentang cara menjadikan gambar agar pas dan dapat menyesuaikan otomatis dengan lebar halaman posting.

Ad

Suka? Bagikan artikel ini kepada teman - jaringan Anda.
Label: .
Silakan klik di sini untuk mengeposkan komentar Anda. Jika Anda ingin membaca artikel lain yang terdapat pada blog ini, maka dapat Anda lakukan dengan cara membuka laman daftar isi. Catatan: Komentar balasan hanya diprioritaskan untuk pertanyaan dan atau pernyataan yang diposkan dengan memakai formulir komentar Blogger.
Admin
Terdapat 8 komentar untuk artikel ELTELU yang berjudul Cara Memasang Iklan AdSense di Tengah Postingan tanpa Merusak Posisi Gambar .
20/05/16 07.53 O

Terima Kasih Ayahe Mela, Artikelnya Sangat membantu dan bermanfaat sekali.
Sedikit mengalami kebingungan dalam mengganti template utk menyisipkan kode nya pada yang dirubah karena pada template yang sudah ada ada di 3 titik/tempat.. Nah mana yang harus diganti? saya ingin menempatkan kode iklan agar terlihat post pada setiap paragraf pertama. bisakah otomatis demikian?
Sebelumnya terimakasih banyak.

20/05/16 09.24 O

@Vera Sobat Vera, sejujurnya saya agak kurang paham dengan maksud dari pertanyaan yang Sobat ajukan. Akan tetapi jika pemasangan iklan yang Sobat maksud adalah seperti yang tampil pada tiap postingan blog ini, maka ada baiknya bila Sobat pelajari uraian yang terdapat dalam artikel ini. Sebab teknik yang saya uraikan dalam artikel tersebut dapat digunakan untuk melakukan pemasangan iklan agar muncul secara otomatis pada paragraf atau alinea yang telah ditentukan.

Sementara itu jika dalam penerapannya Sobat mengalami kesulitan dan ingin mengajukan pertanyaan, maka nanti bisa kita bahas lebih lanjut dalam post tersebut.

Terimakasih.

14/06/16 03.21 O

Asalamualaikum, maaf suhu, saya mau bertanya. bagaimana jika ingin memasang dua iklan berbeda di dalam artikel di posisi semau kita dengan metode ini (cara manual).

14/06/16 10.31 O

@dedi kurnia Waalaikumsalam. Terkait dengan hal tersebut sepertinya lebih tepat bila Sobat lihat uraiannya secara langsung pada artikel yang mengulas tentang cara memasang 2 (dua) atau beberapa unit iklan sekaligus di tengah postingan blogspot ini.

02/12/17 08.56 O

Saya pernah nyoba cara pertama tetapi gagal gan dan pada akhirnya iklan yang dipasang secara manual satu persatu tersebut menjadi tidak terdeteksi sebagi iklan oleh GA (google adsense) dan tidak menghasilkan earning.

02/12/17 19.50 O

@Ahmad Rupiawan Wahhh, kalau begitu tak ada salahnya bila Abang coba gunakan cara saya yang terdapat dalam artikel ini.

12/10/18 13.52 O

Halo agan..setelah saya mengikuti cara ini, selanjutnya di save ada kesalahan di tag
..ini kenapa yah gan..minta tolong pencerahannya..mksh

12/10/18 16.45 O

@Dunia KitaTag yang mana ya Bang maksudnya? 🤔

o

  • .Ragam Tumbuhan
  • .Unik & Langka
  • .Aneka Buah
  • .Produk Sederhana
  • .Karya Seni
  • .Tempat Wisata
  • .Ragam Kegiatan
  • .Aneka Bunga
  • .Hewan & Serangga
GALERI
KIRIM MASUKAN
E L T E L U
Semar Bingung's Weblog