Mohon Tunggu Proses Memuat Konten Halaman

Terbaru

0
Tgl. 30 September 2016

Mengatasi Layar Monitor yang Berkedip pada Windows 10 Versi 1607 (Anniversary Update)

Apakah layar monitor komputer, notebook, atau laptop Anda jadi nge- blink alias berkedip-kedip setelah melakukan pemasangan Windows 10 ...

Windows 10 Anniversary Update
Apakah layar monitor komputer, notebook, atau laptop Anda jadi nge-blink alias berkedip-kedip setelah melakukan pemasangan Windows 10 Anniversary Update? Jika ya, maka sepertinya Anda telah mengalami hal yang serupa dengan pengalaman saya beberapa waktu lalu.

Sedikit cerita, notebook Lenovo Flex 10 saya awalnya menggunakan sistem operasi Windows 8 yang kemudian saya upgrade secara online menjadi Windows 10 versi 1551 dan selanjutnya saya lakukan pembaruan lagi sehingga sekarang menjadi Windows 10 versi 1607.

Ketika masih menggunakan sistem operasi Windows 8, sama sekali tidak ada masalah pada tampilan layar monitornya. Demikian halnya setelah saya upgrade menjadi Windows 10 versi 1551 pun tampilan layar monitor tetap normal seperti sebelumnya.

Akan tetapi setelah tempo hari saya lakukan pemasangan Windows 10 Anniversary Update yang merupakan pembaruan sistem terkini dari Microsoft, mulailah timbul ketidakwajaran pada tampilan monitor netbook saya. Layar monitor seringkali nge-blink - berkedip-kedip, sehingga sanggat mengganggu kenyamanan mata saat sedang digunakan. Bahkan taskbar pun kerap kali tampak bergetar dan bergoyang-goyang.

Lalu bagaimana cara mengatasinya? Ada beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi masalah tersebut. Cara pertama yaitu dengan melakukan update terhadap driver yang digunakan untuk display adapter (VGA Driver), karena biasanya inilah yang menjadi penyebab utamanya. Akan tetapi jika cara tersebut tidak mempan alias tidak ada perubahan sama sekali, maka cobalah untuk mengerjakan cara kedua, yaitu dengan mengubah resolusi layar yang dipakai.

Ambil contoh misalnya pada notebook Lenovo Flex 10 resolusi layar yang direkomendasikan adalah 1366 x 768. Sementara itu pada resolusi inilah tampilan layar bermasalah. Nah, cobalah untuk menggunakan resolusi layar yang lebih rendah, misalnya yaitu 1360 x 768, 1280 x 768, atau 1280 x 720. Sebab berdasarkan pengalaman saya, cara inilah yang menjadi solusi akhir untuk mengatasi layar monitor yang berkedip-kedip setelah melakukan pemasangan Windows 10 Anniversary Update. 

Baca pula: Cara Lain untuk Mengatasi Layar Monitor yang nge-Blink saat Digunakan.
Ad

Suka? Bagikan artikel ini kepada teman - jaringan Anda.
Label: , .
Silakan klik di sini untuk mengeposkan komentar Anda. Jika Anda ingin membaca artikel lain yang terdapat pada blog ini, maka dapat Anda lakukan dengan cara membuka laman daftar isi. Catatan: Komentar balasan hanya diprioritaskan untuk pertanyaan dan atau pernyataan yang diposkan dengan memakai formulir komentar Blogger.
Admin

o

  • .Ragam Tumbuhan
  • .Unik & Langka
  • .Aneka Buah
  • .Produk Sederhana
  • .Karya Seni
  • .Tempat Wisata
  • .Ragam Kegiatan
  • .Aneka Bunga
  • .Hewan & Serangga
GALERI
KIRIM MASUKAN
E L T E L U
Semar Bingung's Weblog