Mohon Tunggu Proses Memuat Konten Halaman

Terbaru

2
Tgl. 14 Oktober 2016

Mengatasi TP-LINK TL-WA7210N AP Client Router yang Terhubung Hotspot tapi Not Connected

Membaca judul artikelnya saja mungkin Anda malah menjadi heran dibuatnya. Bagaimana tidak, jika di situ disebutkan bahwa TP-LINK TL-WA72...

TP-LINK Outdoor Wireless Access Point TL-WA7210N sudah Terhubung Sinyal Hotspot tapi Status WAN Tidak Terdeteksi
Membaca judul artikelnya saja mungkin Anda malah menjadi heran dibuatnya. Bagaimana tidak, jika di situ disebutkan bahwa TP-LINK TL-WA7210N AP Client Router yang dimaksud telah terhubung dengan jaringan hotspot Wi-Fi, tapi kenapa masih dikatakan not connected alias tak terhubung?

Bagi seorang yang telah berpengalaman melakukan pemasangan TP-LINK Outdoor Wireless Access Point dan atau sejenisnya dengan tujuan untuk menangkap dan memperkuat sinyal Wi-Fi, besar kemungkinan kasus seperti di atas merupakan sebuah perkara yang mudah untuk deselesaikan. Akan tetapi bagi seorang yang baru pertama kali melakukannya bisa jadi hal tersebut akan menjadi sebuah kendala besar yang terasa sangat sulit untuk dirampungkan.

TP-LINK Outdoor Wireless Access Point sebenarnya telah menyediakan fitur ‘Quick Setup’ yang dapat dimanfaatkan oleh pengguna untuk mempermudah instalasinya. Hanya saja dalam praktiknya kadang hasil setup yang dilakukan tidaklah sesuai dengan yang diharapkan. Dalam hal ini maksudnya yaitu sinyal Wi-Fi yang ditangkap telah terdeteksi, akan tetapi pada bagian status WAN belum terdeteksi apapun seperti yang dapat Anda lihat pada ilustrasi gambar di atas. Nah, inilah yang dimaksud TP-LINK TL-WA7210N AP Client Router telah terhubung dengan jaringan hotspot Wi-Fi, namun masih not connected tadi.
Alamat IP Wireless Access Point
Jika mengalami masalah seperti di atas, maka bagaimana solusi untuk mengatasinya? Perhatikan bahwa alamat IP default untuk jaringan (Network) LAN TP-LINK Outdoor Wireless Access Point adalah 192.168.0.254. Dalam keadaan default seperti ini, jika perangat tersebut dihubungkan dengan Wi-Fi yang memiliki alamat IP 192.168.1.1 misalnya, maka dengan hanya menjalankan ‘Quick Setup’ sekalipun bisa dipastikan setelahnya dapat langsung terhubung dan tersambung dengan internet.

Akan tetapi jika alamat IP perangkat Wi-Fi yang ditangkap sinyalnya adalah 192.168.0.1 misalnya, maka dapat dipastikan bahwa TP-LINK Outdoor Wireless Access Point tersebut hanya terhubung sinyalnya saja namun tidak bisa tersambung alias not connected dengan internet. Oleh sebab itu bila kasusnya adalah seperti ini, maka cara untuk mengatasinya adalah dengan mengubah alamat IP default yang digunakan pada jaringan LAN TP-LINK Outdoor Wireless Access Point, misalnya yaitu menjadi 192.168.1.1 seperti yang tampak pada gambar kedua di atas.

Ad

Suka? Bagikan artikel ini kepada teman - jaringan Anda.
Label: , .
Silakan klik di sini untuk mengeposkan komentar Anda. Jika Anda ingin membaca artikel lain yang terdapat pada blog ini, maka dapat Anda lakukan dengan cara membuka laman daftar isi. Catatan: Komentar balasan hanya diprioritaskan untuk pertanyaan dan atau pernyataan yang diposkan dengan memakai formulir komentar Blogger.
Admin
Terdapat 2 komentar untuk artikel ELTELU yang berjudul Mengatasi TP-LINK TL-WA7210N AP Client Router yang Terhubung Hotspot tapi Not Connected .
10/06/17 00.32 O

yang harus giganti pada point ketiga itu gan?
misal angka 1 diganti angka 0/2/3/4/5 gitu?
kalo seperti itu sudah saya coba,,
tapi mengapa masih ada notifikasi wan port is not connected?
kalo boleh saya mau minta tolong dibantu dipandu supaya bisa, klo boleh minta nmr hpnya agan...ini nmr saya 085641235651...btw trimakasih, nice artikel

29/07/17 00.37 O

@farich hidayat Betul sekali Bang, yang diganti adalah angka yang terdapat pada point ketiga.

"tapi mengapa masih ada notifikasi wan port is not connected?"

Bila yang terjadi adalah seperti ini, maka yang menjadi pertanyaan adalah apakah wifi yang ditembak tersebut menggunakan mikrotik dan semacamnya atau tidak?

Sebab yang saya uraikan dalam artikel ini juga hanya berdasarkan pengalaman saya saja kok. Jadi mohon maaf bila saya tidak dapat memberikan panduan lebih lanjut.

o

  • .Ragam Tumbuhan
  • .Unik & Langka
  • .Aneka Buah
  • .Produk Sederhana
  • .Karya Seni
  • .Tempat Wisata
  • .Ragam Kegiatan
  • .Aneka Bunga
  • .Hewan & Serangga
GALERI
KIRIM MASUKAN
E L T E L U
Semar Bingung's Weblog