Mohon Tunggu Proses Memuat Konten Halaman

ADVERTISEMENT

Terbaru

2
Tgl. 08 Oktober 2016

Cara Cek Kualitas Kekuatan Sinyal Hotspot Wi-Fi Pakai HP Android

Tempo hari, ceritanya saya coba nembak sinyal WiFi tetangga yang tidak ada passwordnya dengan menggunakan TP-LINK Outdoor Wireless Access P...

Tempo hari, ceritanya saya coba nembak sinyal WiFi tetangga yang tidak ada passwordnya dengan menggunakan TP-LINK Outdoor Wireless Access Point TL-WA7210N. Repot juga ternyata. Sebab walaupun jaraknya tidak terlalu jauh, akan tetapi pancaran sinyal yang diterima sangat lemah sehingga menyulitkan dalam menentukan pisisi yang pas untuk memasang wireless access point tersebut.

Fitur Wireless Antenna Alignment pada TP-LINK Outdoor Wireless Access Point TL-WA7210N

Tidak kurang akal, saya pun kemudian menggunakan fitur ‘Wireless Antenna Alignment’ yang dapat digunakan sebagai indikator untuk mengetahui seberapa besar kekuatan sinyal yang diterima. Cara ini sebenarnya terbilang sangat efektif. Akan tetapi sayangnya cukup merepotkan karena saya harus memegang 2 (dua) buah perangkat yang berbeda, yaitu wireless access point yang akan dipasang dan laptop yang digunakan untuk mengetahui kekuatan sinyalnya.

Untung saja pencarian lokasi kekuatan sinyal yang terbaik hanya saya lakukan di halaman rumah. Sehingga walaupun berjalan ke sana - ke mari mencari sinyal WiFi sambil memegang 2 (dua) buah alat sekaligus pun tak masalah. Akan tetapi coba bayangkan apa jadinya jika saya harus melakukannya di atas genting atap rumah? Tentu sangat berbahaya bukan? Oleh sebab itulah bila kondisinya seperti itu mestinya menggunakan cara yang lebih praktis lagi.

Perlu diketahui bahwa sebenarnya ada cara yang lebih praktis lagi untuk mengetahui kualitas kekuatan sinyal hotspot WiFi yang ada di sekitar kita, yaitu dengan menggunakan aplikasi Android tertentu. Dalam hal ini sebagai contoh misalnya adalah Wifi Scanner & Net Discovery (Wifi Explorer) yang dapat diunduh secara gratis di Google Play Store.

TP-LINK Outdoor Wireless Access Point TL-WA7210N yang Terpasang di Lubang Ventilasi Jendela

Wifi Scanner & Net Discovery merupakan aplikasi yang memiliki antarmuka sederhana namun memiliki fitur yang luar biasa. Aplikasi ini menyediakan 5 (lima) macam pilihan tampilan diagnostik yang secara kolektif dapat memberikan gambaran tentang lingkungan Wi-Fi yang ada di sekitar kita sehingga sangat membantu untuk menemukan titik akses terbaik saat melakukan pemasangan jaringan Wi-Fi.

Disamping itu aplikasi ini juga menampilkan detail tentang masing-masing Wi-Fi yang terdeteksi dan bahkan dapat pula mendeteksi jaringan Wi-Fi yang SSID-nya tersembunyi. Dan hasilnya adalah seperti yang dapat Anda lihat pada gambar tersebut, akhirnya saya dapat menemukan lokasi titik akses terbaik untuk memasang outdoor wireless access point yang telah saya sebutkan di atas. Dalam hal ini yaitu di lubang ventilasi jendela rumah seperti itu.

Besaran sinyal yang bisa ditangkap memang hanya seperti itu. Tapi lumayan lah. Sebab dengan begitu akhirnya saya bisa berinternetan dengan kecepatan yang stabil dan cukup tinggi secara gratis setiap waktu - setiap hari. :D

Katagori: ,
Silakan klik di sini untuk mengeposkan komentar Anda. Jika Anda ingin membaca artikel lain yang terdapat pada blog ini, maka dapat Anda lakukan dengan cara membuka laman daftar isi. Catatan: Komentar balasan hanya diprioritaskan untuk pertanyaan dan atau pernyataan yang diposkan dengan memakai formulir komentar Blogger.
Admin
Terdapat 2 komentar pada artikel ini ▶
05/12/16, 11.38 O

keren artikel nya. Saya admin https//:ajib20.blogspot.com

05/12/16, 12.02 O

@ajib roziqYupss... Oleh sebab itu jangan hanya berhenti sampai di sini. Tak ada salahnya bila Sobat buka artikel yang lainnya karena bukan tidak mungkin malah lebih keren lagi bila dibandingkan dengan ini. :)

How To ▶
Education ▶
SEO ▶
Other Internet ▶
Programming ▶
Tutorial ▶
DP & Story ▶
Tips & Trick ▶

o

  • .Ragam Tumbuhan
  • .Unik & Langka
  • .Aneka Buah
  • .Produk Sederhana
  • .Karya Seni
  • .Tempat Wisata
  • .Ragam Kegiatan
  • .Aneka Bunga
  • .Hewan & Serangga
GALERI
KIRIM MASUKAN
E L T E L U
Semar Bingung's Weblog