Mohon Tunggu Proses Memuat Konten Halaman

Terbaru

2
Tgl. 10 September 2017

Durasi Ideal untuk Video Closing atau Penutupan pada Layar Akhir

Layar akhir merupakan salah satu bagian dari fitur YouTube yang dapat dipakai untuk meningkatkan jumlah penayangan dengan cara mengarahkan p...

Layar akhir merupakan salah satu bagian dari fitur YouTube yang dapat dipakai untuk meningkatkan jumlah penayangan dengan cara mengarahkan penonton ke video atau playlist tertentu, mengajak penonton untuk berlangganan, serta dapat pula dimanfaatkan untuk mempromosikan situs maupun barang dagangan. Apabila fitur ini digunakan, maka layar akhir akan ditampilkan pada 5 sampai dengan 20 detik terakhir dari video yang diputar.

Namun begitu walaupun layar akhir dimaksudkan untuk menciptakan pengalaman yang berkesan bagi penonton, akan tetapi ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan apabila ingin menggunakan fitur ini. Salah satunya yaitu pastikan untuk menyisakan waktu dan ruang yang cukup di akhir video guna menayangkan layar akhir. Sebab apabila tidak demikian maka bukan tidak mungkin konten penting yang terdapat pada bagian akhir video akan tertutupi oleh elemen layar akhir itu sendiri.

Atas dasar pertimbangan di atas maka untuk menghindari kemungkinan tertutupinya konten penting pada bagian akhir video oleh layar akhir, maka akan menjadi lebih baik bila ditambahkan video penutupan (closing) di bagian akhir video utama. Dalam hal ini sebagai contoh misalnya yaitu seperti yang dapat Anda lihat dan saksikan pada tayangan video di bawah ini.

Berapa durasi yang ideal untuk video closing atau penutupan seperti itu? Walaupun fitur layar akhir akan ditampilkan dalam 5 sampai dengan 20 detik terakhir, akan tetapi idealnya video penutupan memiliki durasi minimal selama 20 detik. Sehingga dengan begitu maka seluruh konten yang terdapat dalam video utama dapat ditayangkan secara utuh tanpa tertutupi oleh layar akhir sama sekali karena elemen layar akhir baru akan ditayangkan bersamaan dengan penayangan video penutupan.

Bagaimana pula cara membuat video closing atau penutupan full animasi seperti itu? Ada sebuah cara yang paling mudah untuk membuat video seperti di atas. Bahkan cara ini terbilang dapat dilakukan oleh siapapun tanpa harus mahir dalam hal video editing sekalipun. Dalam hal ini caranya yaitu sepeti yang digunakan untuk membuat video opening atau pembukaan yang ulasannya terdapat dalam artikel dengan judul “Cara Mudah Membuat Video Opening atau Pembukaan Full Animasi” ini.

Ad

Suka? Bagikan artikel ini kepada teman - jaringan Anda.
Label: , .
Silakan klik di sini untuk mengeposkan komentar Anda. Jika Anda ingin membaca artikel lain yang terdapat pada blog ini, maka dapat Anda lakukan dengan cara membuka laman daftar isi. Catatan: Komentar balasan hanya diprioritaskan untuk pertanyaan dan atau pernyataan yang diposkan dengan memakai formulir komentar Blogger.
Admin
Terdapat 2 komentar untuk artikel ELTELU yang berjudul Durasi Ideal untuk Video Closing atau Penutupan pada Layar Akhir .
15/09/17 10.05 O

Min, kan channel saya itu di akhir video saya siapkan outro dan videonya tentunya, kalau pengen masukin linknya aja bisa ga ya? kaya yang anotasi dulu itu..

15/09/17 18.15 O

@Master Tutorial Bisa. Sebab walaupun terhitung mulai tanggal 2 Mei 2017 fitur editor anotasi telah dihentikan penggunaannya oleh YouTube, tapi jika ingin memasukkan link dapat dilakukan dengan cara memanfaatkan kartu dan layar akhir.

Detail selengkapnya terkait dengan hal tersebut dapat dilihat pada URL di bawah ini:

https://support.google.com/youtube/answer/2887282?hl=id

atau

https://support.google.com/youtube/answer/7342737

o

  • .Ragam Tumbuhan
  • .Unik & Langka
  • .Aneka Buah
  • .Produk Sederhana
  • .Karya Seni
  • .Tempat Wisata
  • .Ragam Kegiatan
  • .Aneka Bunga
  • .Hewan & Serangga
GALERI
KIRIM MASUKAN
E L T E L U
Semar Bingung's Weblog