Mohon Tunggu Proses Memuat Konten Halaman

Terbaru

2
Tgl. 19 Desember 2017

Inilah 3 Alasan Kenapa Kucing Makan Rumput dan Muntah

Apakah Anda suka dan gemar memelihara kucing? Jika ya, maka berarti Anda memiliki kegemaran yang serupa dengan saya. Karena semenjak masih k...

Apakah Anda suka dan gemar memelihara kucing? Jika ya, maka berarti Anda memiliki kegemaran yang serupa dengan saya. Karena semenjak masih kecil saya juga sangat suka dan gemar memelihara kucing. Hal ini disebabkan oleh beberapa hal, antara lain yaitu karena kucing merupakan salah satu jenis hewan peliharaan yang terbilang imut, lucu, dan kadang juga sangat menggemaskan. Bahkan kucing secara tidak langsung juga dapat menjaga dan melindungi pemiliknya dari ancaman binatang buas berupa ular yang masuk ke dalam rumah tanpa diketahui saat malam hari, seperti yang dapat Anda lihat dan saksikan pada tayangan video di bawah ini.

Terlepas dari hal tersebut, ada sebuah fakta unik tentang kucing. Dalam hal ini fakta yang dimaksud yaitu tentang kebiasaan kucing yang terkadang suka makan rumput.

Seperti yang kita tahu bahwa kucing merupakan jenis hewan karnivora atau hewan pemakan daging. Sehingga apabila kita melihat seekor kucing memakan rumput, maka bisa jadi kita akan merasa heran dan berpikir bahwa itu merupakan suatu hal yang sangat aneh.

Namun demikian memang seperti itulah faktanya. Adakalanya kucing akan memakan rumput jenis tertentu dengan beberapa alasan dan tujuan, antara lain yaitu sebagai berikut:

  • Pertama, untuk memuntahkan bulu (rambut) yang tertelan.
    Kucing aktif membersihkan tubuhnya dengan cara menjilati bulu (rambut) yang terdapat pada tubuhnya. Nah, ketika kucing melakukan hal tersebut, maka tanpa disadari, sedikit demi sedikit ada bulunya yang kemudian tertelan. Dalam jumlah banyak bulu (rambut) yang terdapat dalam lambung bisa sangat mengganggu pencernaan. Hal ini disebabkan karena rambut merupakan benda yang tidak dapat dicerna oleh lambung. Oleh sebab itu kemudian kucing memakan rumput guna merangsang lambung untuk mengeluarkan atau memuntahkan bulu (rambut) yang tertelan itu.

  • Kedua, untuk memuntahkan makanan yang tidak dapat dicerna.
    Serupa halnya dengan bulu (rambut), tidak semua makanan yang dimakan oleh kucing dapat dicerna dengan baik. Sehingga apabila terjadi hal yang seperti itu, maka kucing pun akan memakan rumput guna memuntahkan makanan yang tidak dapat dicerna tersebut.

  • Ketiga, untuk memuntahkan cacing yang terdapat dalam lambungnya.
    Tidak hanya pencernaan manusia yang dapat terserang oleh cacing. Kucing pun demikian. Bahkan cacing parasit yang terdapat dalam pencernaan kucing biasanya juga memiliki ukuran yang relatif cukup besar dan panjang. Berdasarkan pengamatan saya, cacing parasit yang umumnya dimuntahkan oleh kucing biasanya berwarna putih, berbentuk silinder dengan kedua ujung tubuh yang meruncing, memiliki diameter tubuh antara 1 - 1,5 mm, dan panjangnya bisa mencapai 8 cm.


Berdasarkan uraian di atas dapat disimpulkan bahwa jika ada kucing yang makan rumput, maka sebenarnya itu merupakan suatu hal yang wajar. Hal itu disebabkan karena apabila seekor kucing memakan rumput, maka alasan sebenarnya adalah untuk memuntahkan sesuatu yang tidak dapat dicerna oleh lambung atau sesuatu apapun yang dapat mengganggu sistem pencernaan kucing tersebut. Disamping itu faktanya rumput yang sebelumnya telah dimakan oleh kucing itu pun juga akan ikut dimuntahkan kembali.

Jadi, tak perlu merasa heran apalagi cemas dan khawatir ketika melihat dan mendapati kucing peliharaan Anda memakan rumput. :-)

Ad

Suka? Bagikan artikel ini kepada teman - jaringan Anda.
Label: .
Silakan klik di sini untuk mengeposkan komentar Anda. Jika Anda ingin membaca artikel lain yang terdapat pada blog ini, maka dapat Anda lakukan dengan cara membuka laman daftar isi. Catatan: Komentar balasan hanya diprioritaskan untuk pertanyaan dan atau pernyataan yang diposkan dengan memakai formulir komentar Blogger.
Admin
Terdapat 2 komentar untuk artikel ELTELU yang berjudul Inilah 3 Alasan Kenapa Kucing Makan Rumput dan Muntah .
Anonim
01/01/18 19.01 O

Kok saya baru tahu kalau ada kucing suka makan rumput ya, padahal dari dulu piara kucing di rumah. APa gak pernah memperhatikan?

26/08/18 03.44 O

@AnonimBisa jadi Sobat yang kurang begitu memperhatikan nih. Atau bisa jadi pula Sobat gak pernah lihat pas kucingnya lagi makan rumput. :)

o

  • .Ragam Tumbuhan
  • .Unik & Langka
  • .Aneka Buah
  • .Produk Sederhana
  • .Karya Seni
  • .Tempat Wisata
  • .Ragam Kegiatan
  • .Aneka Bunga
  • .Hewan & Serangga
GALERI
KIRIM MASUKAN
E L T E L U
Semar Bingung's Weblog