Mohon Tunggu Proses Memuat Konten Halaman

ADVERTISEMENT

Terbaru

0
Tgl. 05 Mei 2020

Contoh dan Jenis Pembiakan atau Reproduksi Generatif pada Hewan & Tumbuhan

Hai, tahukah Anda yang dimaksud dengan pembiakan atau reproduksi Generatif? Ya, perlu diketahui bahwa reproduksi atau pembiakan generatif ad...

Hai, tahukah Anda yang dimaksud dengan pembiakan atau reproduksi Generatif? Ya, perlu diketahui bahwa reproduksi atau pembiakan generatif adalah perkembangbiakan secara kawin atau pembuahan. Dimana sistem perkembangbiakan yang seperti ini merupakan sistem pembiakan yang membutuhkan adanya alat kelamin jantan dan betina.

Baik tumbuhan ataupun hewan dapat mengalami pembiakan secara generatif. Pembiakan secara generatif ditandai dengan adanya pembuahan, dan pembuahan merupakan proses peleburan sel kelamin jantan dan betina, yang pada akhirnya akan menghasilkan zigot, untuk selanjutnya menjadi organisme baru. 

Pembuahan pada hewan melalui proses peleburan antara sel telur dan sel sperma, sedangkan pembuahan pada tumbuhan adalah proses dari peleburan serbuk sari dan putik.

Contoh cara perkembangbiakan pada tumbuhan secara generatif adalah konjugasi, isogami, anisogami dan penyerbukan. Dimana proses penyerbukan pada tumbuhan dapat dibantu oleh serangga.


Sifat keturunan yang diperoleh dari pembiakan secara generatif dapat bervariasi dan juga gabungan dari kedua induknya.

Perkembangbiakan generatif hanya dapat terjadi pada makhluk hidup tingkat tinggi. Dalam hal ini yaitu makhluk hidup yang memiliki alat kelamin yang jelas, sehingga bisa di tentukan mana jantan dan betinannya.


Namun demikian ada pula organisme yang mempunyai dua alat kelamin pada satu tubuh, sehingga dapat melakukan perkawinan sendiri. Dimana makhluk hidup yang mempunyai 2 (dua) alat kelamin seperti itu di sebut dengan istilah hemaprodit.

Katagori:
Silakan klik di sini untuk mengeposkan komentar Anda. Jika Anda ingin membaca artikel lain yang terdapat pada blog ini, maka dapat Anda lakukan dengan cara membuka laman daftar isi. Catatan: Komentar balasan hanya diprioritaskan untuk pertanyaan dan atau pernyataan yang diposkan dengan memakai formulir komentar Blogger.
Admin
How To ▶
Education ▶
SEO ▶
Other Internet ▶
Programming ▶
Tutorial ▶
DP & Story ▶
Tips & Trick ▶

o

  • .Ragam Tumbuhan
  • .Unik & Langka
  • .Aneka Buah
  • .Produk Sederhana
  • .Karya Seni
  • .Tempat Wisata
  • .Ragam Kegiatan
  • .Aneka Bunga
  • .Hewan & Serangga
GALERI
KIRIM MASUKAN
E L T E L U
Semar Bingung's Weblog