Mohon Tunggu Proses Memuat Konten Halaman

ADVERTISEMENT

Terbaru

0
Tgl. 26 Mei 2020

Mantis religiosa - Spesies Belalang Predator Penyergap yang Merupakan Hewan Karnivora

Hai, Anda tahu belalang ini bukan? Ya, apabila sebelum ini Anda pernah membaca postingan artikel tentang " NDEYE ", maka tentunya ...

Hai, Anda tahu belalang ini bukan? Ya, apabila sebelum ini Anda pernah membaca postingan artikel tentang "NDEYE", maka tentunya Anda sudah tahu bahwa belalang yang memiliki wujud seperti ini merupakan spesies belalang yang umumnya disebut dengan nama belalang sembah, mantis, mentadak, atau belalang sentadu. Sementara itu dalam bahasa Jawa umumnya dikenal dan disebut dengan nama "Ndeye".


Ketahui bahwa Belalang Eropa atau Mantis religiosa (Gryllus religiosa) adalah serangga dalam keluarga Mantidae yang merupakan keluarga terbesar dari urutan Mantodea atau belalang sembah. Dimana, mantodea itu sendiri merupakan ordo serangga yang mengandung lebih dari 2.400 spesies dalam 15 keluarga. 

Nama belalang sembah yang digunakan untuk menyebut serangga ini berasal dari postur sepasang kaki depannya yang menyerupai sikap berdoa saat istirahat.


Mantis tersebar di seluruh dunia, di habitat beriklim sedang dan tropis. Mantis jantan dan betina memiliki tubuh memanjang, dengan dua pasang sayap. Kepala berbentuk segitiga dengan mata majemuk besar, serta memiliki sepasang kaki depan yang cocok untuk menangkap maupun menahan mangsa yang bergerak cepat secara efisien.

Seperti yang saya uraikan dalam artikel tentang "NDEYE" tersebut di atas, bahwasanya sama halnya dengan spesies mantis pada umumnya, belalang sentadu jenis ini merupakan hewan karnivora yang memakan serangga lain. Meskipun betina dewasa terkadang menangkap vertebrata kecil, akan tetapi seperti kebanyakan mantis, mereka dikenal sebagai serangga yang bersifat kanibalistik. Bahkan menurut satu studi ditemukan fakta bahwa kanibalisme yang terjadi pada mantis bisa mencapai 50% dari perkawinan mereka. 


Belalang Eropa merupakan hewan yang secara aktif memindai lingkungannya dan merupakan predator penyergap yang menangkap serta memakan sebagian besar serangga yang tidak terlalu besar.
Katagori:
Silakan klik di sini untuk mengeposkan komentar Anda. Jika Anda ingin membaca artikel lain yang terdapat pada blog ini, maka dapat Anda lakukan dengan cara membuka laman daftar isi. Catatan: Komentar balasan hanya diprioritaskan untuk pertanyaan dan atau pernyataan yang diposkan dengan memakai formulir komentar Blogger.
Admin
How To ▶
Education ▶
SEO ▶
Other Internet ▶
Programming ▶
Tutorial ▶
DP & Story ▶
Tips & Trick ▶

o

  • .Ragam Tumbuhan
  • .Unik & Langka
  • .Aneka Buah
  • .Produk Sederhana
  • .Karya Seni
  • .Tempat Wisata
  • .Ragam Kegiatan
  • .Aneka Bunga
  • .Hewan & Serangga
GALERI
KIRIM MASUKAN
E L T E L U
Semar Bingung's Weblog