Mohon Tunggu Proses Memuat Konten Halaman

Terbaru

0
Tgl. 21 Januari 2012

Optimasi Blog Dengan Mempercepat Index Yahoo! Dan Bing

Pernahkah Anda melakukan pengecekan terhadap jumlah indeks halaman blog yang Anda kelola dengan menggunakan mesin pencari Yahoo! atau Bi...

Ilustrasi Indeks Artikel
Pernahkah Anda melakukan pengecekan terhadap jumlah indeks halaman blog yang Anda kelola dengan menggunakan mesin pencari Yahoo! atau Bing? Bila dilakukan pengecekan terhadap jumlah halaman blog yang terindeks dengan menggunakan mesin pencari Yahoo! atau Bing, bisa jadi jumlahnya tidaklah sebanyak yang dimunculkan oleh mesin pencari Google. Hal ini merupakan dampak dari penggabungan Yahoo Site Explorer dengan Bing yang menyebabkan sedikitnya jumlah halaman blog yang terindeks oleh kedua mesin pencari tersebut. Belum lagi ditambah dengan keengganan pengelola blog dalam melakukan seo untuk kedua mesin pencari tersebut, sehingga dari waktu ke waktu tidak juga terjadi peningkatan pada jumlah halaman yang terindeks, apalagi untuk blog dengan umur yang relatif masih muda.

Merujuk pada Pusat Bantuan Bing Webmaster (http://onlinehelp.microsoft.com/en-us/bing/hh204493.aspx), terdapat sejumlah alasan mengapa sebuah situs atau blog tidak terindeks oleh mesin pencari tersebut, diantaranya adalah sebagai berikut:
  1. Website yang dimaksud terhitung masih baru. Dengan website yang terhitung masih baru, maka dapat memakan waktu untuk menemukan tautan dan melakukan perayapan.
  2. Tidak ada tautan yang merujuk pada website yang dimaksud. Masalah umum bagi situs baru adalah kurangnya tautan. Perlu diingat bahwa Bing lebih suka melihat tautan dari kualitas.
  3. File robot.txt pada website dimaksud menghalangi mesin pencari tersebut dalam merayapi situs.
  4. Situs belum memenuhi ambang batas kualitas yang diperlukan oleh Bing.
  5. Website telah dinilai penalti dan telah dihapus dari indeks.

Berdasarkan uraian di atas maka dapat disimpulkan bahwa perlu dilakukan optimasi untuk meningkatkan peringkat situs dalam hasil pencarian Yahoo! maupun Bing, mengingat tidak tertutup kemungkinan bahwa banyak pula pengguna internet yang melakukan pencarian informasi dengan memanfaatkan kedua mesin pencari tersebut. Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk optimasi adalah dengan menambahkan situs atau blog ke Alat Webmaster Bing (http://www.bing.com/toolbox/webmasters/). Dengan mengajukan URL situs atau blog pada Bing, maka secara otomatis Bing akan menjadwal crawler untuk menjelajah dan merayapi halaman situs atau blog yang dimaksud. Dimana selama halaman sesuai dengan pedoman untuk spesifikasi pengindeksan, maka Bing akan menerima halaman tersebut dan memasukkannya dalam indeks dan peringkat yang sesuai.

Disamping itu pengiriman URL situs atau blog ke Alat Webmaster Bing juga akan memberikan beberapa keuntungan bagi pengelola blog, diantaranya adalah sebagai berikut:
  1. Pengelola situs atau blog dapat menggunakan alat Tambah URL untuk meminta kunjungan crawler Bing dan melakukan indeks pada satu atau lebih halaman situs.
  2. Pengelola situs atau blog juga dapat menggunakan alat Tambah URL untuk melakukan perayapan ulang pada halaman yang sudah ada dalam indeks. Hal ini berguna ketika dilakukan update penting pada konten halaman dan ingin agar mesin pencari Bing menampilkan hasil pencarian yang mencerminkan pembaruan tersebut dengan cepat.
  3. Halaman yang disampaikan melalui fitur Tambah URL akan dijelajahi dan dimasukkan dalam indeks lebih cepat daripada proses yang dilakukan oleh perayapan normal. Tujuan dari fitur ini adalah untuk memberikan mekanisme bagi webmaster dalam mengidentifikasi halaman penting atau halaman yang baru diterbitkan namun belum teridentifikasi oleh Bing. (http://onlinehelp.microsoft.com/en-us/bing/gg132928.aspx)

Dengan demikian diharapkan terjadi peningkatan pada peringkat situs dalam hasil pencarian Yahoo! maupun Bing, karena informasi terkait materi yang terdapat dalam situs atau blog yang dimaksud lebih mudah ditemukan untuk ditampilkan oleh kedua mesin pencari tersebut.



Suka? Bagikan artikel ini kepada teman - jaringan Anda.
Label: , .
Silakan klik di sini untuk mengeposkan komentar Anda. Jika Anda ingin membaca artikel lain yang terdapat pada blog ini, maka dapat Anda lakukan dengan cara membuka laman daftar isi. Catatan: Komentar balasan hanya diprioritaskan untuk pertanyaan dan atau pernyataan yang diposkan dengan memakai formulir komentar Blogger.
Admin

o

  • .Ragam Tumbuhan
  • .Unik & Langka
  • .Aneka Buah
  • .Produk Sederhana
  • .Karya Seni
  • .Tempat Wisata
  • .Ragam Kegiatan
  • .Aneka Bunga
  • .Hewan & Serangga
GALERI
KIRIM MASUKAN
E L T E L U
Semar Bingung's Weblog