Mohon Tunggu Proses Memuat Konten Halaman

Terbaru

14
Tgl. 03 April 2014

Ketahui Cara Yang Tepat Dalam Memilih Template Untuk Digunakan Pada Blog AdSense

Memakai template yang tepat untuk sebuah blog bisa jadi merupakan harapan dari para blogger secara umum dan penayang AdSense pada khususnya...

Contoh Laman Blog Yang Dioptimalkan Untuk Penayangan Iklan Pada Tampilan Desktop Dan Mobile

Memakai template yang tepat untuk sebuah blog bisa jadi merupakan harapan dari para blogger secara umum dan penayang AdSense pada khususnya. Namun demikian untuk menentukan pilihan template yang paling tepat bukanlah suatu hal yang mudah karena ada banyak faktor yang perlu dipertimbangkan. Hal ini pun kemudian menjadi sesuatu yang cukup rumit karena ketika sebuah template telah memenuhi beberapa faktor penting sesuai dengan syarat yang dipertimbangkan, akan tetapi beberapa faktor lain masih belum terpenuhi oleh template tersebut. Oleh sebab itulah tidak mengherankan bila pemilihan template yang tepat kerap kali menjadi perbincangan serta perdebatan karena masing-masing template memiliki keunggulan atau kelebihan tersendiri dan masing-masing pengguna pun memiliki selera yang berbeda-beda pula.

Terlepas dari beberapa hal umum yang sering ditawarkan sebagai keunggulan atau kelebihan sebuah template yang kemudian dijadikan sebagai dasar pertimbangan dalam menentukan dan memutuskan template mana yang akan dipakai oleh pengguna, terdapat 3 (tiga) hal penting yang secara khusus perlu diperhatikan dalam memilih template yang akan digunakan (terutama bila Anda adalah penayang AdSense). Dalam hal ini 3 (tiga) hal yang dimaksud adalah sebagai berikut:

Pertama, pastikan bahwa template memiliki kinerja penayangan laman yang (cukup) cepat. Hal ini disebabkan karena bila penayangan laman yang dihasilkan (cukup) cepat, maka konten laman akan lebih cepat dimuat sehingga iklan AdSense pun lebih cepat dilihat oleh pengunjung pada halaman yang saat itu sedang dibuka.

Kedua, pastikan bahwa template telah didesain sedemikian rupa untuk menghasilkan tampilan laman yang responsif. Hal ini disebabkan karena dengan desain laman yang responsif maka iklan AdSense tetap dapat dimuat dan ditayangkan secara optimal pada berbagai dimensi layar sekalipun.

Ketiga, pastikan bahwa template telah menyediakan dukungan untuk fitur tampilan seluler. Hal ini penting karena AdSense tidak hanya melakukan pelacakan terhadap kinerja iklan yang ditayangkan pada tampilan desktop, akan tetapi juga melakukan pelacakan terhadap kinerja iklan yang ditayangkan pada laman versi seluler.

Terkait dengan ketiga faktor penting di atas, faktor yang pertama bisa jadi merupakan hal yang dianggap sangat penting oleh semua blogger dan kiranya para blogger pun memiliki pandangan yang sama tentang hal tersebut karena mereka pastinya juga menginginkan agar blog yang dikelolanya memiliki template serta penayangan laman yang super cepat.

Akan tetapi terkait dengan faktor yang kedua dan ketiga, sebagian blogger  ternyata memiliki pandangan serta pendapat yang berbeda terkait dengan hal tersebut. Sebagian blogger berpendapat bahwa menggunakan template yang responsif  lebih baik daripada menggunakan template yang menyediakan dukungan untuk fitur tampilan seluler. Dalam hal ini sebagai contoh untuk template yang menyediakan dukungan untuk fitur tampilan mobile misalnya adalah template standar yang disediakan oleh Blogger. Namun sebagian blogger berpendapat bahwa memakai template yang responsif dan didukung dengan fitur tampilan seluler akan menjadi lebih baik lagi.

Alasannya pun bermacam-macam. Mereka yang memilih untuk menggunakan template responsif tanpa dukungan fitur tampilan seluler berpendapat bahwa dengan memakai template semacam ini dapat mempermudah penataan iklan yang akan ditayangkan serta beranggapan bahwa iklan dapat ditayangkan pada perangkat dengan dimensi layar berapapun. Sedangkan mereka yang memilih untuk menggunakan template responsif dengan dukungan fitur mobile berpendapat bahwa dengan memakai template semacam itu maka selain iklan dapat ditayangkan pada tampilan desktop maka iklanpun dapat ditayangkan pada tampilan mobile.

Tidak ada yang salah ataupun keliru dengan kedua pandangan serta pendapat di atas. Karena masing-masing pilihan tentu saja memiliki keuntungan dan kerugian tersendiri. Akan tetapi bila Anda adalah penayang AdSense, maka dengan merujuk pada 3 (tiga) faktor penting di atas sangat disarankan bagi Anda untuk menggunakan template yang dapat menghasilkan tampilan responsif sekaligus telah didesain sedemikian rupa sehingga memiliki dukungan fitur tampilan seluler. Alasannya tentu saja agar kinerja penayangan iklan pada tampilan desktop menjadi optimal dan demikian pula dengan kinerja penayangan iklan pada tampilan mobile.

Disamping itu, pemakaian template responsif yang didukung pula dengan fitur tampilan seluler nantinya juga akan berpengaruh terhadap kartu skor yang Anda dapatkan. Sebagai contoh dari kartu skor yang dimaksud misalnya adalah seperti yang tampak pada gambar di bawah ini.

Kartu Skor Google AdSense

Bagi Anda penayang AdSense tentu paham dengan arti dari kartu skor seperti yang tampak pada gambar di atas bukan? Semakin banyak bulatan biru yang ditampilkan pada kartu skor akan lebih baik karena dapat diartikan bahwa kinerja penayangan laman dan iklan semakin baik pula. Oleh sebab itulah tidak ada salahnya bagi Anda (penayang AndSense) untuk melakukan peningkatan kinerja laman dan penayangan iklan, yang beberapa diantaranya dapat dilakukan dengan cara mempercepat loading halaman serta mengaktifkan fitur tampilan seluler dan juga dengan cara menayangkan widget iklan pada tampilan versi mobile.

Ad

Suka? Bagikan artikel ini kepada teman - jaringan Anda.
Label: , .
Silakan klik di sini untuk mengeposkan komentar Anda. Jika Anda ingin membaca artikel lain yang terdapat pada blog ini, maka dapat Anda lakukan dengan cara membuka laman daftar isi. Catatan: Komentar balasan hanya diprioritaskan untuk pertanyaan dan atau pernyataan yang diposkan dengan memakai formulir komentar Blogger.
Admin
Terdapat 14 komentar untuk artikel ELTELU yang berjudul Ketahui Cara Yang Tepat Dalam Memilih Template Untuk Digunakan Pada Blog AdSense .
04/04/14 07.23 O

sangat bermanfaat mas, nanti di praktekkan biar bagus di adsensenya :)

04/04/14 22.14 O

@Mawan Cradlez Silakan Sob. Tapi setelah saya lihat, template yang Sobat pakai sudah termasuk cukup cepat dan responsive kok. Hanya saja untuk tampilan mobile sepertinya belum diaktifkan. :)

05/04/14 09.33 O

bagaimana cara dftar addsense ga aku ko ga bisa dan belum coba

05/04/14 20.13 O

@Arifin Saputra Kalau pakai Blogger, maka untuk mendaftar AdSense kan dapat langsung dilakukan dengan memakai menu "Penghasilan" yang terdapat pada dasbor Blogger Sob.

05/04/14 20.33 O

tampilan laman yg resposinve..sepertinya itu yg belum ada dalam tempalate yg kugunakan....keep happy blogging always..salam dari Makassar :-)

06/04/14 15.31 O

Wah bener sekali, memang template responsive itu sangat baik kegunaannya..

07/04/14 08.41 O

@BlogsOf Hariyanto Kalau begitu tidak ada salahnya bila segera beralih untuk menggunakan template yang responsif Sob. Paling tidak jika ganti template dengan template yang responsif, dapat pula dilakukan dengan cara menyesuaikan template yang sekarang dipakai menjadi template yang responsive. Dan menurut saya pilihan yang kedua inilah yang paling tepat daripada harus mengganti template yang dengan yang baru.

07/04/14 08.45 O

@Yahya Doank Iya Sob. Hal tersebut tentu saja sangat berasalan karena Google AdSense sendiri saat ini juga telah mendukung iklan responsif (walaupun masih dalam tahap beta versi).

07/04/14 11.48 O

pengaruh ya yah?? saya tidak pernah diterima adsensenya.. 3 akun ditolak semua.. hahahhaa putus asa deh

08/04/14 11.43 O

@Andie Shinigami Sangat berpengaruh Sob. Hal ini disebabkan karena pengunjung tidak selalu menggunakan komputer atau laptop ketika membuka laman blog yang kita kelola.

Apalagi di jaman yang serba canggih sekarang ini tidak sedikit diantara pengguna yang lebih suka memanfaatkan perangkat mobile yang mereka miliki untuk mengakses dan mendapatkan informasi dari internet. Oleh sebab itulah kinerja laman sangat menentukan kinerja iklan yang ditayangkan karena pemakaian perangkat mobile seperti itu (misal: smartphone dan tablet pc) sekarang ini lebih marak bila dibandingkan penggunaan perangkat komputer.

Salah satu alasan dari hal tersebut tentu saja karena pemakaian perangkat mobile lebih praktis bila dibandingkan dengan menggunakan perangkat komputer atau laptop.

09/04/14 08.12 O

iya mas, saya disable fungsi mobilenya,hehe

15/04/14 09.59 O

sayangnya ilmu saya masih 5% untk dunia blogging >_< masalah responsive saja saya belum faham

15/04/14 11.17 O

@Adhitia Rizki Kalau begitu tidak ada salahnya untuk belajar Sob. Dan saya pikir juga tak ada kata terlambat untuk belajar kok. Asalkan ada niat, maka pada saatnya nanti Sobat juga dapat menguasasi, memahami, dan melakukannya sendiri. :)

16/04/14 23.12 O

@AYAHE MELA iya sob , thanks atas dukungannya

o

  • .Ragam Tumbuhan
  • .Unik & Langka
  • .Aneka Buah
  • .Produk Sederhana
  • .Karya Seni
  • .Tempat Wisata
  • .Ragam Kegiatan
  • .Aneka Bunga
  • .Hewan & Serangga
GALERI
KIRIM MASUKAN
E L T E L U
Semar Bingung's Weblog