Mohon Tunggu Proses Memuat Konten Halaman

Terbaru

0
Tgl. 20 Mei 2016

Cross Domain pada Blogspot Bermasalah di Opera Mini Android Web Browser

Cross domain atau lintas domain adalah sarana yang menyediakan kemampuan guna mengakses secara manual maupun otomatis serta transfer inform...

Akibat yang Ditimbukan dari Penggunaan Cross Domain pada Blogspot

Cross domain atau lintas domain adalah sarana yang menyediakan kemampuan guna mengakses secara manual maupun otomatis serta transfer informasi antara dua atau lebih domain yang memiliki tingkat keamanan/klasifikasi berbeda atau tidak kompatibel. Dalam hal ini sebagai contoh misalnya yaitu antara situs yang menggunakan HTTP dan HTTPS.

Sedikit terlepas dari hal tersebut, pada akhir September 2015 Blogger mengumumkan bahwa dukungan HTTPS mulai diterapkan pada blogspot. Pada peluncuran awal, pengguna yang ingin mencoba dukungan tersebut bisa mengaktifkan ketersediaan HTTPS yang berada di setelan Blogger, sehingga akhirnya blog dapat diakses melalui sambungan yang terenkripsi. Namun demikian Blogger juga menjelaskan bahwa apabila HTTPS diaktifkan, maka bisa saja beberapa fungsi blog tidak akan berfungsi. Hal tersebut dapat disebabkan oleh template, gadget, atau isi posting blog itu sendiri.

Selanjutnya pada awal Mei 2016 Blogger kembali mengumumkan bahwa untuk keamanan internet serta melindungi integritas dan kerahasiaan data yang dikirim antara website dan browser yang digunakan oleh pengunjung, Blogger pun meluncurkan versi HTTPS untuk setiap blog yang menggunakan domain blogspot. Artinya selain memiliki versi HTTP, semua blog yang menggunakan domain blogspot juga memiliki versi HTTPS.

Sebagai bagian dari hal tersebut Blogger pun kemudian menambahkan pengaturan baru yang disebut dengan HTTPS Redirect. Dimana apabila pengaturan tersebut diaktifkan maka pengunjung akan selalu diarahkan ke versi HTTPS sebagai sambungan yang terenkripsi. Sementara itu jika HTTPS Redirect tidak diaktifkan maka pengunjung yang membuka HTTP akan dilayani melalui sambungan yang tidak dienkripsi dan pengunjung yang membuka HTTPS akan dilayani melalui sambungan yang dienkripsi.

Penggunaan versi HTTPS sebenarnya dapat meningkatkan peringkat situs di ‘mata’ Google. Hal ini disebabkan karena Google menggunakan HTTPS sebagai sinyal peringkat yang positif. Namun demikian HTTPS merupakan sinyal peringkat yang memiliki bobot ringan sehingga kita tidak perlu mengharapkan pengaruh besarnya terhadap SEO.

Lalu apa hubungannya hal tersebut dengan cross domain dan blogspot? Berdasarkan uraian di atas maka dapat disimpulkan bahwa kini blogspot menggunakan sarana cross domain dalam layanannya. Namun sayangnya sarana tersebut tidak dapat berfungsi dan bekerja dengan baik pada browser web Opera Mini, sehingga ketika sebuah laman blog dibuka akibatnya kadang malah seperti yang tampak pada gambar di atas.

Berawal dari masalah tersebut, maka dapat diasumsikan bahwa bisa jadi inilah salah satu faktor yang menyebabkan sebagian pengunjung blog pada mental dan akhirnya berimbas pada terjadinya lonjakan persentase bounce rate. Hal ini tidak lain dan tidak bukan disebabkan karena laman yang dituju oleh pengunjung tidak dapat dibuka sebagaimana mestinya, sehingga pengunjung pun kemudian meninggalkannya begitu saja.

Atas dasar masalah yang terjadi di atas, sebagai pengguna layanan blogspot mungkin kita hanya bisa berharap semoga saja masalah tersebut bisa segera teridentifikasi dan diatasi seperti layaknya dulu ketika iklan Googgle AdSense tidak bisa tayang pada browser web Opera Mini.

Ad

Suka? Bagikan artikel ini kepada teman - jaringan Anda.
Label: .
Silakan klik di sini untuk mengeposkan komentar Anda. Jika Anda ingin membaca artikel lain yang terdapat pada blog ini, maka dapat Anda lakukan dengan cara membuka laman daftar isi. Catatan: Komentar balasan hanya diprioritaskan untuk pertanyaan dan atau pernyataan yang diposkan dengan memakai formulir komentar Blogger.
Admin

o

  • .Ragam Tumbuhan
  • .Unik & Langka
  • .Aneka Buah
  • .Produk Sederhana
  • .Karya Seni
  • .Tempat Wisata
  • .Ragam Kegiatan
  • .Aneka Bunga
  • .Hewan & Serangga
GALERI
KIRIM MASUKAN
E L T E L U
Semar Bingung's Weblog