Mohon Tunggu Proses Memuat Konten Halaman

ADVERTISEMENT

Terbaru

6
Tgl. 14 Juni 2016

Tips Cara Praktis agar Blog tidak Sepi alias Ramai dan Banyak Pengunjung

“Bagaimana sih caranya agar blog saya bisa menjadi ramai dan banyak pengunjungnya?” Inilah salah satu hal yang dulu kerap kali menjadi pert...

Ilustrasi Perbandingan antara Blog yang Sepi Pengunjung dengan Blog yang Ramai Pengunjungnya

“Bagaimana sih caranya agar blog saya bisa menjadi ramai dan banyak pengunjungnya?” Inilah salah satu hal yang dulu kerap kali menjadi pertanyaan dalam hati saat saya mulai menekuni kegiatan blogging. Bagaimana tidak, pengunjung serta tayangan laman artikel tiap hari bisa dihitung dengan jari dan bahkan itupun sudah termasuk tayangan yang berasal dari komputer saya sendiri.

Sebagai seorang pemula, bermacam cara yang saya dapat dari berbagai sumber dan referensi pun saya coba. Mulai dari blogwalking, berbagi pos ke berbagai situs media sosial, aktif di grup, forum, atau komunitas tertentu, dan bahkan pernah pula nyepam sana-sini hanya untuk memperoleh traffic blog yang tinggi.  [Baca pula beberapa cara untuk meningkatkan traffic kunjungan pada blog.]

Coba tebak apa yang kemudian terjadi? Secara berangsur blog menjadi ramai dan tayangan laman meningkat karena orang yang mengunjungi blog saya semakin bertambah banyak.

Namun demikian hal tersebut tidaklah bertahan lama. Hal ini disebabkan karena ketika saya sudah tidak aktif lagi di grup, forum, atau komunitas tertentu serta tidak aktif melakukan blogwalking dan berbagi pos, traffic pun secara berangsur kembali turun dan sama sekali tidak ada peningkatan yang berarti.

Melihat yang demikian saya pun kembali melakukan cara-cara di atas hingga traffic pun mengalami peningkatan yang signifikan. Akan tetapi sayangnya traffic kembali turun seperti sebelumnya saat saya sudah tidak lagi mengerjakannya, sehingga saya pun akhirnya berkesimpulan bahwa cara tersebut bisa jadi kurang efektif.

Tayangan dan Pengunjung Blog yang Sedikit

Lantas bagaimana cara agar blog bisa mendapatkan banyak pengunjung dan ramai? Berdasarkan pengalaman dan hasil analisa statistik dari beberapa blog yang saya miliki (dalam hal ini salah satunya yaitu seperti yang tampak pada gambar tersebut), ternyata caranya sangatlah sederhana. Bahkan karena saking sederhananya cara ini malah bisa dilakukan oleh narablog yang tidak tahu tentang SEO sekalipun.

Sebagai gambaran perlu diketahui bahwa data yang tampak pada screenshot tersebut merupakan statistik penayangan sebuah blog yang saya buat tahun 2012 silam. Blog tersebut memiliki postingan sejumlah 25 buah dan topik artikelnya adalah gado-gado.

Dengan kondisi seperti itu, berapa coba penayangan yang didapat tiap hari? Rata-rata tayangan laman tiap hari tidak lebih dari 25 dan bahkan terkadang juga tidak lebih dari separuhnya.

Walau seluruh traffic berasal dari sumber lalu lintas organik, tapi kenapa bisa seperti itu? Hal ini tidak lain dan tidak bukan disebabkan karena hingga kini blog tersebut tidak pernah saya update dan bahkan saya pun hampir tidak pernah membukanya lagi. Oleh sebab itulah traffic pun akhirnya menjadi sepi karena minimnya pengunjung yang mendatangi. Beda halnya dengan blog ini yang memiliki traffic lebih tinggi, sebab rutin saya update walau kadang hanya sebulan sekali.

Berdasarkan uraian di atas dapat disimpulkan bahwa cara praktis dan sederhana agar blog tidak sepi alias banyak pengunjungya adalah dengan rutin menerbitkan artikel baru. Sebab hal ini merupakan salah satu faktor utama yang secara tidak langsung dapat memicu terjadinya peningkatan jumlah pengunjung dan traffic sebuah blog. [Baca pula kiat untuk meningkatkan traffic dengan cara seperti layaknya pedagang dalam menarik minat pengunjung dan pelanggan.]

Oh ya, perlu diketahui bahwa ini merupakan artikel kedua saya yang mengulas tentang cara agar blog tidak sepi. Sebab sebelum ini sebenarnya saya juga pernah menerbitkan artikel serupa yang mengulas tentang cara alami agar blog semakin ramai dan banyak pengunjungnya tanpa SEO.

Katagori: , ,
Silakan klik di sini untuk mengeposkan komentar Anda. Jika Anda ingin membaca artikel lain yang terdapat pada blog ini, maka dapat Anda lakukan dengan cara membuka laman daftar isi. Catatan: Komentar balasan hanya diprioritaskan untuk pertanyaan dan atau pernyataan yang diposkan dengan memakai formulir komentar Blogger.
Admin
Terdapat 6 komentar pada artikel ini ▶
24/06/16, 02.26 O

Wah bener pak, intinya memang tidak mudah, kalau kata orang gampang2 susah Hehe.. Intinya,perlu sesuatu formula layaknya seperti orang berdagang. :D

24/06/16, 06.43 O

@Nino Artikel Yoi...

01/09/16, 20.17 O

Aku nulis terus sampek ngantuk mas biar bnyk yang kunjungi situsku...hikz

01/09/16, 20.51 O

@GusChandra Alfaruq Waaah, tapi jangan lupa jaga kesehatan ya Sob. Sebab kalau sampai sakit, siapa coba yang rugi...

14/09/16, 20.23 O

visitor kebanyakan itu-itu ajah yah ayahe..opo mesti nganggo menyan hehe

15/09/16, 07.53 O

@Indria Poetri Ha ha ha, masa harus pakai menyan segalaa Sob... :D

Daripada gitu sepertinya lebih baik semedi 7 hari 7 malam di depan komputer sambil bikin artikel unik sebanyak-banyaknya trus diterbitkan di blog deh... ^_^

How To ▶
Education ▶
SEO ▶
Other Internet ▶
Programming ▶
Tutorial ▶
DP & Story ▶
Tips & Trick ▶

o

  • .Ragam Tumbuhan
  • .Unik & Langka
  • .Aneka Buah
  • .Produk Sederhana
  • .Karya Seni
  • .Tempat Wisata
  • .Ragam Kegiatan
  • .Aneka Bunga
  • .Hewan & Serangga
GALERI
KIRIM MASUKAN
E L T E L U
Semar Bingung's Weblog