Mohon Tunggu Proses Memuat Konten Halaman

Terbaru

0
Tgl. 13 Oktober 2017

Beginilah Cara Membuat Mikrofon supaya Menjadi Lebih Peka dan Sensitif

Ketika Anda membuat sebuah tutorial dengan cara merekam suara dan tampilan layar komputer menggunakan laptop seperti yang terdapat pada vide...

Ilustrasi Mikrofon / Microphone

Ketika Anda membuat sebuah tutorial dengan cara merekam suara dan tampilan layar komputer menggunakan laptop seperti yang terdapat pada video di bagian akhir artikel ini, bisa jadi suara hasil rekaman terasa kurang optimal karena terkesan agak jauh dan terdengar kecil walaupun volume microphone sudah diperbesar menjadi 100% sekalipun. Apalagi bila saat melakukan perekaman tidak menggunakan headset/headphone atau microphone eksternal dan hanya mengandalkan pemakaian mikrofon internal yang terpasang pada laptop.

Terdapat banyak faktor yang menyebabkan terjadinya hal tersebut. Salah satu diantaranya yaitu karena jarak antara mikrofon laptop dengan sumber bunyi agak jauh, sehingga suara yang terekam pun cukup lemah. Dan ini tentu saja menjadi sangat berbeda bila dalam proses perekaman suaranya dilakukan dengan memakai headset/headphone atau mikrofon ekternal yang dapat secara mudah didekatkan dengan sumber bunyi/suara.

“Bila demikian haruskah saya menggunakan mikrofon tambahan agar rekaman suara yang dihasilkan menjadi lebih keras dan jelas?” Tidak. Anda tidak perlu membeli dan kemudian menggunakan mikrofon baru untuk menggantikan mikrofon internal yang ada pada laptop. Sebab masalah tersebut sebenarnya dapat disiasati dengan hanya mengubah setelan kepekaan microphone yang terdapat dalam sistem, sehingga mikrofon akan menjadi lebih sensitif dan akhirnya suara yang terekam pun menjadi lebih keras dan jelas bila dibandingkan dengan hasil rekaman sebelumnya.

Bagi Anda pengguna komputer dengan sistem Windows, setelan tersebut di atas dapat ditemukan pada bagian ‘Sound > Recording’, tepatnya yaitu pada bagian ‘Microphone Boost’. Namun demikian karena dalam prosesnya ada beberapa langkah yang perlu dilakukan, maka akan lebih baik bila Anda tonton tayangan video tutorial di bawah ini untuk mengetahui detail langkah-langkah pengerjaannya secara lebih lengkap.

Nah, bagaimana, apakah sudah jelas? Jika belum dan ada yang ingin Anda tanyakan, maka silakan sampaikan dengan cara mengeposkan komentar / pertanyaan / pernyataan dalam artikel ini.

Ad

Suka? Bagikan artikel ini kepada teman - jaringan Anda.
Label: , , .
Silakan klik di sini untuk mengeposkan komentar Anda. Jika Anda ingin membaca artikel lain yang terdapat pada blog ini, maka dapat Anda lakukan dengan cara membuka laman daftar isi. Catatan: Komentar balasan hanya diprioritaskan untuk pertanyaan dan atau pernyataan yang diposkan dengan memakai formulir komentar Blogger.
Admin

o

  • .Ragam Tumbuhan
  • .Unik & Langka
  • .Aneka Buah
  • .Produk Sederhana
  • .Karya Seni
  • .Tempat Wisata
  • .Ragam Kegiatan
  • .Aneka Bunga
  • .Hewan & Serangga
GALERI
KIRIM MASUKAN
E L T E L U
Semar Bingung's Weblog