Mohon Tunggu Proses Memuat Konten Halaman

ADVERTISEMENT

Terbaru

0
Tgl. 24 Mei 2020

7 Cara Membersihkan, Mengosongkan, dan Mengatasi Memori Penyimpanan HP Penuh Tanpa Menghapus Aplikasi

Hai, seberapa besar kapasitas memori penyimpanan HP Anda? 4GB, 8GB, 16GB, 32GB, 64GB, atau bahkan lebih tinggi dari itu? Seberapapun besar k...

Hai, seberapa besar kapasitas memori penyimpanan HP Anda? 4GB, 8GB, 16GB, 32GB, 64GB, atau bahkan lebih tinggi dari itu?

Seberapapun besar kapasitas memori penyimpanan HP kita, ternyata ada saatnya kita akan merasa bahwa kapasitasnya terlalu kecil, sehingga akhirnya kita akan beranggapan bahwa kapasitas memori yang tersedia tidak lagi cukup dan dapat memenuhi kebutuhan.

Hal tersebut memang sangat beralasan. Karena faktanya memang dengan semakin canggihnya teknologi sistem operasi serta aplikasi yang tertanam di HP atau Smartphone, berbanding lurus dengan semakin tingginya kebutuhan ruang memori sebagai tempat untuk menyimpan data dan memasang sistem operasi serta aplikasinya.

Menjadi suatu hal yang dilematis ketika ruang penyimpanan kosong yang tersedia di memori hampir habis. Hal ini disebabkan karena ketika ruang penyimpanan kosong yang tersedia tidak lagi terpenuhi, maka bukan tidak mungkin sistem operasi serta beragam aplikasi yang terpasang tidak lagi bisa berjalan secara optimal.

Bukan hanya sekadar asumsi, akan tetapi kejadian tersebut di atas memang benar-benar pernah saya alami. Ketika saat itu kapasitas memori penyimpanan HP saya 1GB dan ruang penyimpanan kosong yang tersedia telah mencapai ambang batas minimal, HP menjadi sering ngelag, macet-macet, dan responnya sangat lambat.

Bahkan parahnya lagi beberapa aplikasi seperti kamera dan perpesanan (SMS) tidak lagi bisa berfungsi. Aplikasi kamera tidak lagi dapat menyimpan foto atau rekaman video, sedangkan aplikasi perpesanan tidak lagi dapat menerima serta menampilkan SMS yang masuk karena memori terdeteksi sudah full atau penuh.

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi memori penyimpanan HP atau smartphone yang penuh seperti itu tanpa menghapus aplikasi. Beberapa diantaranya dapat dilakukan secara manual dan beberapa yang lain dapat dilakukan secara otomatis dengan menggunakan aplikasi khusus pembersih memori dari file sampah yang tak terpakai. Dimana rincian dan uraian dari beberapa cara tersebut adalah sebagai berikut:

Pertama; Telusuri media di memori penyimpanan yang dianggap sudah tak terpakai, dan kemudian hapus media tersebut. Dalam hal ini sebagai contohnya misalnya yaitu media berupa file foto, video, dan dokumen (terutama foto atau video dari aplikasi WhatsApp dan sejenisnya).

Kedua; Kompres file yang memiliki ukuran besar. Cara ini sangat membantu untuk menambah ruang kosong di memori, karena dengan mengompres file yang ukurannya besar (terutama file penting yang tidak mungkin dihapus) maka ukuran file yang dikompres tersebut akan menjadi lebih kecil, sehingga kapasitas ruang kosong di memori pun secara otomatis akan bertambah.

Ketiga; (bila tersedia) Gunakan fitur pembersih ruang penyimpanan yang terdapat di HP atau smartphone Anda. Dalam hal ini sebagai contoh misalnya yaitu seperti yang dapat Anda tonton pada tayangan video di bawah ini.


Keempat; Apabila di HP atau smartphone Anda tidak tersedia fitur pembersih ruang penyimpanan seperti contoh di atas, maka manfaatkan aplikasi yang memiliki fungsi serupa dari Google Play Store. Ketahui bahwa di Google Play Store juga tersedia cukup banyak aplikasi dengan fungsi serupa yang dapat diunduh dan dipasang (mulai dari versi gratis hingga berbayar), dan kemudian dimanfaatkan guna menjalankan tugas pembersihan ruang penyimpanan memori.

Kelima; Backup file yang tersimpan di memori HP Anda ke media penyimpanan lain. Dalam hal ini sebagai contoh misalnya yaitu di-backup ke komputer, laptop, flashdisk, dan lain sejenisnya. Dengan cara ini, maka praktis akan kembali tersedia cukup banyak ruang kosong di memori HP, sehingga Anda tidak perlu repot memilih dan kemudian menghapus file yang sekiranya tidak penting dan tak terpakai lagi.

Keenam; Tingkatkan kapasitas memori penyimpanan HP Anda. Dimana hal ini bisa saja Anda lakukan dengan cara mengganti memori eksternal yang terpasang dengan memori eksternal yang memiliki kapasitas penyimpanan lebih besar atau lebih tinggi.

Ketujuh; Ketika beragam cara telah dilakukan namun tidak juga mengatasi masalah memori penyimpanan HP atau smartphone yang sudah penuh dan tidak lagi dapat memenuhi kebutuhan, maka sebagai pilihan alternatifnya adalah dengan cara ganti HP atau smartphone. Dimana hal ini dapat dilakukan dengan cara menjual HP lama dan kemudian menggunakan hasil penjualannya untuk menambah pembelian HP baru, atau dapat pula dilakukan dengan cara tetap menyimpan HP lama dan kemudian membeli HP atau smartphone baru yang memiliki teknologi serta kapasitas ruang penyimpanan memori yang lebih besar atau lebih tinggi.

Oke, demikian beberapa tips cara membersihkan, mengosongkan, dan mengatasi memori penyimpanan HP atau smartphone yang sudah penuh tanpa harus menghapus aplikasi yang terpasang. Semoga merguna dan bermanfaat bagi Anda. Saya Ayahe Mela. Salam! :)
Katagori: ,
Silakan klik di sini untuk mengeposkan komentar Anda. Jika Anda ingin membaca artikel lain yang terdapat pada blog ini, maka dapat Anda lakukan dengan cara membuka laman daftar isi. Catatan: Komentar balasan hanya diprioritaskan untuk pertanyaan dan atau pernyataan yang diposkan dengan memakai formulir komentar Blogger.
Admin
How To ▶
Education ▶
SEO ▶
Other Internet ▶
Programming ▶
Tutorial ▶
DP & Story ▶
Tips & Trick ▶

o

  • .Ragam Tumbuhan
  • .Unik & Langka
  • .Aneka Buah
  • .Produk Sederhana
  • .Karya Seni
  • .Tempat Wisata
  • .Ragam Kegiatan
  • .Aneka Bunga
  • .Hewan & Serangga
GALERI
KIRIM MASUKAN
E L T E L U
Semar Bingung's Weblog